Owi cedera, Owi batal ke Kejuaraan Dunia

World Championships 2013

Berita mengejutkan kini datang dari ganda campuran Indonesia yang merupakan Juara Dunia 2013, yaitu Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (foto atas). Keduanya memutuskan untuk batal berangkat ke ajang Kejuaraan Dunia 2014 di Copenhagen. Ini dikarenakan Owi, mengalami cedera engkel kaki kanan yang belum sembuh benar. Info ini diberitahukan oleh Wakil Sekjen PP PBSI yaitu Achmad Budiharto yang mengatakan bahwa Owi akan lebih difokuskan untuk tampil di Asian Games yang akan dihelat tiga pekan usai Kejuaraan Dunia, yaitu pada 19 September – 5 Oktober.

“Turun dengan nama negara di Asian Games kepentingannya lebih besar daripada dengan nama individu di kejuaraan dunia,” kata Budi, sapaan Achmad Budiharto, kemarin di PP PBSI. Keputusan ini diambil berdasarkan pertimbangan pelatih ganda campuran yaitu Richard Mainaky sendiri yang menyebutkan bahwa jika Owi dipaksakan turun di kedua event, akan sangat merugikan si atlet sendiri.

Budi membeberkan bahwa tak semua pemain mempunyai kualitas multiple performance. Artinya dalam dua sampai tiga kejuaraan yang jarak waktunya berdekatan, si pemain belum tentu bisa maksimal di semua kejuaraan tersebut. Dan Owi termasuk jenis yang tak bisa multiple performance.

Ketika dikonfirmasi kepada pelatih ganda campuran pelatnas yaitu Richard Mainaky, dia pun membenarkan hal ini. Pelatih asal Ternate tersebut menyatakan kondisi Owi baru 50 persen sekarang. “Owi gak bisa sembuh 100 persen langsung setelah cedera di Australia lalu. Lebih baik memfokuskan satu kejuaraan yang betul-betul fit untuk bisa diikuti. Daripada memaksa satu turnamen kemudian diikuti kegagalan di turnamen lain ,” begitu ucap Richard yang sebenarnya turut menyayangkan hal ini.

Dengan mundurnya pasangan ganda campuran yang menjadi harapan Indonesia meraih gelar juara ini, Indonesia kini hanya mengandalkan sektor ganda putra lewat Muhammad Ahsan dan Hendra Setiawan untuk meraih medali emas di Copenhagen. Harapan lain yang baru-baru ini muncul adalah pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang sukses meraih gelar Juara di turnamen YONEX Chinese Taipei Open 2014 pekan lalu. Mereka menjadi harapan baru karena sukses mengalahkan Juara Dunia asal China, Wang Xiaoli/Yu Yang pada babak Final.

Liliyana Natsir memang sepertinya tidak hoki kalau ada kejuaraan besar utamanya Kejuaraan Dunia yang diadakan di tahun genap. Namun, ia selalu sukses apabila di Kejuaraan Dunia pada tahun ganjil. Sejak 2005 hingga 2013, ia telah meraih 5 medali Kejuaraan Dunia yaitu 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu, namun semuanya diraih Liliyana di tahun ganjil!! Lengkapnya sebagai berikut.

(1) Bersama Nova Widianto

  • WBC 2005 – Gold Medal
  • WBC 2006 – Kalah di Perempat Final
  • WBC 2007 – Gold Medal
  • Olympic 2008 – Silver medalist
  • WBC 2009 – Silver Medal
  • WBC 2010 – Kalah di Perempat Final

(2) Bersama Tontowi Ahmad

  • WBC 2011 – Bronze Medal
  • Olympic 2012 – Semifinal
  • WBC 2013 – Gold Medal
  • WBC 2014 – Withdrawn

duaribuan juga dapet nih Foto kaki Owi yang cedera, ini nih.. Semoga gantinya mundur Kejuaraan Dunia bisa emas di Asian Games yah Owi/Butet, jangan patah semangat..

10580200_627509614012716_4274070366199963830_n