Misi Tee Jing Yi untuk MH17

983741_535240843269686_6197542926839928818_n

Pebulutangkis tunggal putri Malaysia, Tee Jing Yi (foto paling kiri), mempunyai misi yang mulia ketika tampil di ajang Commonwealth Games 2014 di Skotlandia. Pemain berusia 23 tahun ini mengaku akan tampil maksimal untuk bisa menghormati korban kecelakaan MH17. Dikutip dari thestar, si pesek ini mengaku sangat sedih mengetahui terjadinya kecelakaan pesawat yang menewaskan 298 penumpang itu. Ia mengaku sangat terkejut saat awal mendengar insiden itu.

Sangat menyedihkan karena orang yang tidak bersalah, termasuk lebih dari 80 anak-anak, harus tewas dalam insiden itu. Ini tentu peristiwa yang suram bagi Malaysia,” begitu kata Tee Jing Yi saat keberangkatan Tim Malaysia menuju Glasgow untuk Commonwealth Games 2014 Jumat lalu. Ia berjanji akan memberikan yang terbaik nantinya saat tampil di Commonwealth Games sebagai tanda penghormatan kepada para korban. Meskipun insiden itu, kami berjanji kami akan memberikan yang terbaik di Commonwealth Games untuk menghormati mereka, lanjut Jing Yi.

Berangkat ke Glasgow, Tee Jing Yi punya harapan yang tinggi untuk meraih 2 medali. Ia sangat optimis dengan medali di beregu campuran dan berharap bisa maksimal untuk mendapatkan satu lagi medali dari nomor perorangan. Saya percaya kami memiliki peluang bagus untuk memenangkan setidaknya medali perunggu di nomor beregu meskipun tidak membawa Lee Chong Wei. Saya juga ingin tampil maksimal dan memenangkan medali di tunggal putri,” begitu tutur Jing Yi.

Ia memiliki harapan tinggi untuk meraih medali dari nomor perorangan karena hal itu didasari dari batal tampilnya tunggal putri India yang merupakan unggulan pertama yaitu Saina Nehwal karena masih dihinggapi cedera. Batalnya Saina membuat posisi Jing Yi yang awalnya menjadi unggulan kelima berubah unggulan keempat kini. Unggulan keempat berarti membuatnya diprediksi sampai ke babak Semifinal.

R16 - BCA Indonesian Open 2014 - Ratchanok Intanon vs Tee Jing Yi.mp4_000070440

R16 - BCA Indonesian Open 2014 - Ratchanok Intanon vs Tee Jing Yi.mp4_000069480

Usai mundurnya Saina, prediksi juara tunggal putri kini mengerucut ke tiga nama, yaitu PV Sindhu (India), Kirsty Gilmour (Scotland) dan Michelle Li (Canada). Jing Yi tidak difavoritkan namun ia bisa menjadi kuda hitam. Dari draw yang telah dirilis oleh Gaslgow2014.com, Jing Yi ini berada di poll bawah akan diprediksi akan berjumpa dengan unggulan kedua, Kirsty Gilmour yang merupakan andalan tuan rumah di babak semifinal. Jika kalah, para pemain yang kalah di babak semifinal itu akan melakukan playoff untuk menentukan pemenang medali perunggu.

Pada edisi Commonwealth Games tahun 2010 silam, Malaysia sekses meraih medali dari nomor tunggal putri lewat istri dari Lee Chong Wei, Wong Mew Choo. Saat itu, Mew Choo meraih medali perak. Di babak Final, ia kalah dari pemain tuan rumah, Saina Nehwal dengan skor super nyesek 21-19, 21-23, 13-21.