Draw Commonwealth Games dirilis

BtFoZeACYAIdXL3

Hasil undian kejuaraan Bulutangkis di Commonwealth Games 2014 telah dirilis oleh Glasgow2014.com kemarin malam. Undian yang meliputi enam nomor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda campuran dan beregu campuran telah dilaksanakan semua dan Glasgow sudah siap menjadi arena pertarungan para pebulutangkis negara persemakmuran mulai 24 Juli hingga 3 Agustus mendatang.

Pertandingan pada 24 Juli mendatang akan dimulai dengan penyisihan grup nomor Beregu Campuran. Di nomor ini, undian membagi 23 negara kontestan menjadi 6 grup. Malaysia yang menjadi favorit juara sekaligus unggulan pertama mengisi Grup A bersama dua negara lain yaitu Srilanka dan Barbalos. Di poll yang berbeda, ada England yang menjadi unggulan kedua mengisi Grup F bersama Mauritius, Jersey dan North Ireland.

Undian beregu campuran pada edisi 2014 ini berbeda dengan edisi 2010 lalu. Untuk tahun 2010, 20 negara yang ikut serta dibagi menjadi 4 grup dimana setiap grup berisi 5 negara. Mereka saling beradu satu sama lain dan dua peringkat teratas dari grup itu melaju ke knockout stage yang dimulai dari perempat final hingga final. Lha tahun 2014 ini, jumlah grup yang ikut serta bertambah, sehingga akan membuat knockout stage tentunya berbeda.

Draw untuk undian nomor beregu campuran selengkapnya bisa anda lihat dari foto diatas. kalau belum terlalu jelas karena memang tulisannya kecil-kecil, dibawah ini ada draw lengkap dari keenam grup yang akan berlaga memperebutkan emas Beregu Campuran Commonweatlh Games 2014.

Grup A : Malaysia [1], Sri Lanka, Barbados

Grup B : India [3/4], Kenya, Uganda, Ghana

Grup C : Scotland, New Zealand, Guernsey, Seychelles

Grup D : Australia, Canada, Falkland Islands, Wales

Grup E : Singapore [3/4], Norfolk Island, South Africa, Jamaica

Grup F : England [2], Mauritius, Jersey, North Ireland

Draw Individual

Selain merilis draw untuk nomor beregu campuran, lima nomor lain yaitu nomor individual juga dirilis oleh Glasgow2014.com. Secara lengkap, anda bisa melihat di situs resmi Glasgow2014.com (linknya http://results.glasgow2014.com/sports/bd/badminton.html) atau lewat Wikipedia (masih dalam proses tapi tuh, cek http://en.wikipedia.org/wiki/Badminton_at_the_2014_Commonwealth_Games).

Dari yang telah dirilis, undian nomor tunggal putra terlihat sangat menarik. Jika semua unggulan mulus melaju ke babak 8 besar, Chong Wei Feng yang menjadi unggulan pertama diprediksi akan melawan pemain India back to back, dimana pada babak Perempat Final akan berjumpa Gurusaidut, babak semifinal berjumpa K. Srikant dan di babak final diprediksi jumpa Kashyap Parupalli.

Tapi dalam olahraga, unggulan tidak bisa dijadikan patokan. Selalu ada kuda hitam yang memberi kejutan. Kita tentu tidak bisa meremehkan nama-nama seperti Daren Liew (Malaysia), Derek Wong (Singapore), Niluka Karunaratne (Srilanka) hingga Rajiv Ouseph (England). Keempatnya juga punya peluang medali dalam kejuaraan ini.

Bs_RFNpIUAAABG7

Untuk nomor tunggal putri, keluarnya Saina Nehwal merubah daftar unggulan. Unggulan pertama kini ditempati PV Sindhu dan unggulan kedelapan ditempati oleh Anna Rankin. Dari undian itu, Sindhu diperkirakan akan berjumpa dengan Michelle Li di babak semifinal poll atas, sementara di poll bawah akan mempertemukan Jing Yi Tee (Malaysia) dengan Kirsty Gilmour (Scotland). Dengan draw yang seperti itu, saya memperkirakan bahwa Gilmour sangat berpeluang untuk meraih medali emas. Saya dukung Gilmourr…

Pada nomor ganda, seperti sudah diulas duaribuan sebelumnya, kejutan dipastikan datang dari ganda putra dimana ada dua pasangan racikan baru asal Malaysia yaitu Tan Wee Kiong/Goh V Shem serta Daren Liew/Chan Peng Soon yang dapat menjadi kuda hitam pada kejuaraan kali ini.

Di ganda putri, ulangan Final Commonwealth Games tahun lalu diperkirakan akan kembali terulang pada edisi 2014 ini namun di babak semifinal dimana juara bertahan yaitu Jwala Gutta dan Ashwini Ponappa yang menjadi unggulan 3 akan berjumpa unggulan pertama dari Singapura, Shinta Mulia Sari/Yao Lei. Untuk poll bawah, pertarungan seru akan terlihat di babak pertama dimana pasangan Inggris, Gabrielle Adcock/Laurent Smitth yang merupakan unggulan keempat, akan ditantang non unggulan andalan tuan rumah, Imogen Bankier/Kirsty Gilmour. Undian yang berat tentu buat England.

Ganda putri boleh berat, tapi England sepertinya bakal kuat di ganda campuran. duaribuan prediksi, 2 ganda campuran mereka yaitu Adcock/Adcock dan Langridge/Olver akan mulus melaju ke Semifinal. Lawan yang berat mungkin baru dihadapi oleh keduanya di babak empat besar. Di babak ini, akan terjadi pertarungan seru di poll atas yang mempertemukan dua ganda Eropa, yaitu Chris Adcock/Gabrielle Adcock (England) dengan Robert Blair/Imogen Bankier (Scotland).

Dengan keseruan itu, tak sabar rasanya menantikan aksi di Commonwealth Games Glasgow 2014…