Saina Nehwal batal ke Glasgow

saina-nehwal

Kabar terbaru yang mengejutkan pagi ini duaribuan dapatkan berkaitan dengan kejuaraan bulutangkis di Commonwealth Games Glasgow 2014. Saina Nehwal, sang juara bertahan nomor tunggal putri mengumumkan mundur dari ajang multievent empat tahunan itu. Saina, yang juga merupakan peraih medali perunggu di Olimpiade London 2012 itu mengambil keputusan mundur akibat masih mengalami cedera kunci paha.

Disandur dari insidethegames.biz, cedera kunci paha yang dialami oleh Saina tersebut didapat oleh pemain berusia 24 tahun itu pada kejuaraan Australia Open Superseries pada akhir bulan Juni lalu. Saina mengungkapkan bahwa mundurnya ia dari kejuaraan ini adalah sebuah keputusan yang sulit. Namun keputusan ini diambil dengan harpapan bahwa nantinya ia dapat tampil lebih baik pada kejuaraan yang lebih besar setelahnya, yaitu Kejuaraan Dunia yang tahun ini digelar di Copenhagen.

“Ini keputusan sulit, tapi sangat penting. Saya mengalami cedera kunci paha sejak babak pertama Australia Open Super Series. Setelah itu, saya merasakan sakit kaki. Namun saya masih bisa menjadi juara di sana,” ujar Saina. “Setelah dari Australia, saya sebenarnya harus istirahat sekitar dua pekan, tapi saya hanya istirahat satu pekan. Jadi, saya memutuskan menarik diri dari Commonwealth. Ini membuat saya kecewa,” ia melanjutkan.

Selain memfokuskan diri ke ajang Kejuaraan Dunia, Saina mengaku juga sangat ingin tampil maksimal untuk kejuaraan multievent selanjutnya yaitu di Asian Games yang tahun ini kebagian di Incheon, Korea Selatan. “Sebenarnya saya sudah mulai berlatih ringan dan berharap bisa tampil di Commonwealth, tapi saya tak mau memaksakan diri. Saya tak mau ambil risiko cedera lagi. Saya harus fit di sisa tahun ini. Ada dua kejuaraan penting lagi, Kejuaraan Dunia dan Asian Games. Jadi saya memang harus mundur,” tutup Saina.

Dengan mundurnya Saina, unggulan kedua yaitu PV Sindhu kini menjadi favorit untuk menjuarai nomor tunggal putri ini. Menantang Sindhu, ada unggulan ketiga yang menjadi andalan tuan rumah yaitu Kirsty Gilmour serta pemain berbakat asal Canada, Li Michelle yang menjadi unggulan keempat. Daftar unggulan nanti mungkin bisa berubah dengan mundurnya Saina ini. Kita nantikan saja sewaktu pelaksanaan draw para 21 Juli mendatang.