Kashyap yakin raih Emas

TH20_KASHYAP_271656f

Peraih medali perunggu tunggal putra Bulutangkis Commonwealth Games New Delhi 2010 yaitu Kashyap Parupalli mengaku yakin dapat meraih medali emas pada kejuaraan Commonwealth Games yang akan digelar di Glasgow pada 24 Juli hingga 3 Agustus tahun ini. Perempatfinalis Olimpiade London 2012 lalu itu terlihat sangat percaya diri mengatakannya karena pertarungan di nomor tunggal putra menjadi terbuka usai mundurnya sang juara bertahan di nomor tunggal putra yaitu Lee Chong Wei (Malaysia).

Lee yang masih menjalani cedera paha yang menimpanya memutuskan mundur dari ajang Commonwealth Games ini karena menginginkan untuk fokus pada kejuaraan penting selanjutnya, yaitu World Championship yang tahun ini digelar di Copenhagen, akhir Agustus mendatang.

Emas adalah target yang realistis. Mundurnya pemain nomor 1 dunia Lee Chong Wei itu telah membuat persaingan di turnamen ini menjadi terbuka. Saya kini menjadi unggulan kedua dan saya tahu bahwa saya bisa memenangkan emas,” begitu ujar Kashyap dalam wawancara bersama ndtv.com menjelang keberangkatan Kontingen India ke Glasgow, Scotland.

Meskipun sangat percaya diri bisa memenangkan pertandingan itu, Kashyap mengaku bahwa perjuangannya nanti pastinya tidak akan mudah karena kompetitornya juga merupakan pemain yang mumpuni. “Tentu itu tidak mudah karena ada pemain seperti Chong Wei Feng dan Rajiv Ouseph. Mereka berdua adalah pemain bagus. Rajiv meraih perak pada Commonwealth Games sebelumnya dan dia memiliki hasil yang baik saat melawan pemain China (pernah mengalahkan Du Pengyu) . Ia juga tampil baik pada Kejuaraan Eropa,” tambah pemain yang berusia 27 tahun itu.

Di Glasgow, Kashyap tidak berlaga sendiri di nomor tunggal putra ini. Ia akan ditemani oleh dua pemain India lain yaitu Srikanth Kidambi (21) dan RMV Gurusaidutt (24). Ketika ditanya mengenai peluang kedua kompatriotnya itu di Glasgow, Kashyap mengaku bahwa mereka juga punya peluang bagus untuk menang. Srikanth dan Gurusaidutt juga memiliki peluang bagus untuk menang. Namun mereka harus tampil baik dan bermain nothing to lose,” begitu kata Kashyap menjawab.

Srikanth tidak dapat diprediksi, tapi ia telah memenangkan Thailand Open dan mengalahkan beberapa pemain top. Pada tahun 2010, saya tidak memenangkan Kejuaraan Nasional, sedangkan tahun ini ia menang. Guru juga baik penampilannya di Piala Thomas lalu,” lanjut Kashyap memuji kedua rekannya itu.

Menghadapi tantangan di Glasgow, Kashyap pun berharap Tim India bisa menampilkan yang lebih baik dari raihan mereka empat tahun lalu dengan 4 medali. Kami memenangkan empat medali di Commonwealth Games empat tahun lalu dan saya berharap pada tahun ini, hasil yang kami raih di Commonwealth Games lebih baik. Kami memiliki Sindhu di tunggal putri, saya dan K Srikanth juga memiliki kesempatan yang cerah untuk memenangkan medali di tunggal putra, terutama setelah mundurnya Lee Chong Wei.”

Juga Jwala dan Ashwini harus mendapatkan medali di ganda putri. Mereka bermain baik. Dengan kembalinya Jwala, mereka mendapatkan hasil yang baik di Piala Uber, Asia Badminton Championship dan juga di Indonesia dan Jepang. Untuk ganda putra dan ganda campuran memang sulitt tetapi jika mereka dapat melakukan itu tentunya lebih baik, begitu kata Kashyap.

Wa-4946l

Wawancara Kashyap dalam rangka keberangkatan Tim India ke Glasgow ini pun berlanjut membicarakan mengenai event beregu campuran. Kashyap mengaku bahwa nomor beregu campuran ini akan sangat menarik untuk dilihat. India juga menjadi favorit untuk memenangkan medali. Ini akan sangat menarik dan kami juga yakin bisa mendapat medali.”

Inggris punya peluang dan ini bergantung pada ganda campuran dan tunggal putra, mereka juga memiliki ganda putra yang baik. Singapura akan tergantung pada ganda mereka, terutama ganda campuran dan ganda putri, sementara Malaysia akan bergantung pada tunggal putra dan ganda putra. Sedangkan untuk India, itu akan bergantung di tunggal putra dan tunggal putri, serta ganda putri,” lanjut Kashyap memperlihatkan peta kekuatan bulutangkis negara-negara Commonwealth Games.

Empat tahun lalu di New Delhi, India berhasil meraih medali perak dimana pada babak Final, mereka kalah 1-3 dari Malaysia. Tahun ini, India diunggulkan di tempat ketiga, berada di bawah Malaysia dan England. Kesempatan tentu akan sangat terbuka mengingat setiap negara punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Semoga di Glasgow nanti kita dapat menyaksikan badminton of the very high quality ya….