Badminton dalam Masjid Al Aqsa?

Picture1

Setelah kemarin mengulas mengenai Bulutangkis di dua negara yang sedang berkonflik yaitu Israel dan Palestina, saya pun browsing lagi ingin mendalami mengenai bulutangkis di kawasan timur tengah. Di twitter, ketika saya mencari kata kunci “Badminton Israel”, saya pun terkejut karena yang muncul adalah tweet seperti diatas, dimana Masjid Al Aqsa digunakan oleh Yahudi bermain bulutangkis. Penasaran dengan kabar itu, saya pun mencoba mencari kebenaran.

Ternyata setelah cari kesana kemari, jawaban saya adalah foto tersebut bukan berada di Masjid Al Aqsa, masjid yang menjadi kiblat pertama umat Islam di seluruh dunia. Berdasarkan tweet dari akun twitter @landunggggg, foto tersebut ternyata dicomot dari berita lama di situs http://www.todayszaman.com/news-320116-religious-affairs-directorate-bans-sports-in-mosques.html dimana kemudian foto itu diupload di Facebook kembali dengan judul “Israel laknat bermain badminton di Al Aqsha”.

Berdasarkan berita dalam situs todayszaman.com itu, Foto tersebut merupakan foto kasus anak-anak bermain badminton di dalam sebuah masjid, namun bukan di Al Aqsa, tetapi di Turki, tepatnya di Antalya, Provinsi Mugla. Berita itu juga bukan berita baru karena telah dirilis sejak satu tahun yang lalu. Bahkan merdeka.com, situs Indonesia juga telah memberitakan kasus ini dalam bahasa Indonesia. Klik link http://www.merdeka.com/dunia/bocah-turki-main-badminton-dalam-masjid.html.

Dari kedua berita itu, disebutkan bahwa setiap masa liburan sekolah bulan Juli ini, biasanya sejumlah masjid di Antalya mengadakan pelajaran Al Quran disertai dengan olahraga untuk anak-anak. Selain bulutangkis, ada juga yang mengajarkan tenis dan bola voli. Ada yang lokasi olahraganya disiapkan di halaman, ada juga dalam masjid.

Anggota parlemen di Turki juga sempat memprotes kasus ini karena menganggap perbuatan itu dianggap tidak sopan dan tidak menghormati kesucian tempat ibadah. Karena muncul kasus itu, Kementerian Agama Turki menindaklanjuti dengan mengeluarkan aturan panduan untuk menghindari terulangnya kejadian serupa.

Dengan artikel ini, saya memberi maksud ingin memberitakan pada anda bahwa itu bukan berada di Masjd Al Aqsa. Mungkin ada oknum-oknum yang membuat berita hoax itu dengan maksud yang tidak kita ketahui. Kalau kita pakai logika juga, masjid Al Aqsa sudah kita ketahui diblokade oleh Israel sehingga pasti akan sangat banyak tentara disana. Tidak semua orang bisa masuk dengan bebas ke dalam masjid tersebut loh, apalagi bisa main badminton hehe…

Kalau misal artikel saya ini salah, mohon koreksi namun sepengetahuan saya dan dari mengorek-ngorek sumber yang saya dapatkan, foto diatas memang bukan  di Masjid Al Aqsa tetapi di Turki. Untuk lebih menguatkan, ini adalah capture dari berita mengenai foto anak yang bermain dalam masjid di situs Todayszaman.com dan Merdeka.com.

Picture12

Picture1k

