China boyong Pasukan Berbeda ke India

ma-jin-wang-xiaoli-2010-5-15-5-13-13

Ajang bergengsi Perebutan Piala Thomas dan Uber di tahun 2014 akan terlihat menarik dimana Tim China yang menjadi pemegang trofi terakhir di ajang Piala Thomas Uber 2010 lalu akan membawa tim yang berbeda untuk berlaga di India, 18-25 Mei mendatang. Selain di masukannya beberapa nama baru, China juga membuat kabar mengejutkan dengan meninggalkan dua pemain senior yang telah menjadi tulang punggung keberhasilan beregu China di beberapa tahun belakangan, yaitu Cai Yun dan Yu Yang.

Selain meninggalkan dua pemain senior itu, rotasi beban pemain pada ajang Thomas Uber ini juga terjadi. Wang Yihan dan Lin Dan yang menjadi tunggal pertama pada gelaran sebelumnya di Wuhan, kali ini diprediksi akan diplot sebagai tunggal ketiga dalam babak-babak penting. Tunggal pertama kemungkinan besar akan dialihkan ke nama Li Xuerui dan Chen Long.

Pergeseran pemain dan banyak sekali perubahan yang dilakukan Tim China ini sekali lagi bisa menjadi beban untuk para pemain China untuk mempertahankan piala yang direbut di Wuhan dua tahun lalu. Beratnya beban para pemain yang berujung pada kekalahan China sudah pernah dibuktikan pada ajang beregu Uber Cup 2010 di Kuala Lumpur. Saat berangkat ke Malaysia, Tim China membawa tim yang sangat berbeda dari Tim sebelumnya yang dikirim ke Thomas Uber 2008 di Jakarta.

2008 : Xie Xingfang, Lu Lan, Zhu Lin, Jiang Yanjiao, Yang Wei/Zhang Jiewen, Wei Yili/Zhang Yawen, Gao Ling/Zhao Tingting

2010 : Wang Yihan, Wang Xin, Wang Shixian, Jiang Yanjiao, Ma Jin/Wang Xiaoli, Du Jing/Yu Yang, Tian Qing/Pan Pan

Bergantinya tim dengan dadakan itupun berhasil membuat China kocar-kacir saat menghadapi Korea di babak Final Uber 2010. Tiga representasi China yang menduduki peringkat papan atas saat itu, yaitu Wang Yihan, Ma Jin/Wang Xiaoli dan Du Jing/Yu Yang akhirnya harus mengakui kehebatan Tim Korea dengan kekalahan 1-3.

url2

Kekalahan itupun nyaris terulang sebenarnya di tahun 2012 saat Sung Ji Hyun yang diplot menghadapi Wang Yihan, sudah mendapatkan empat match point di partai pembuka Final Uber 2012 (dia sudah 21-14, 20-16, namun Wang (foto atas) membalikkan keadaan saat match point down itu untuk berubah menjadi 22-20 dan menang 21-13 di gim penentuan).

Dengan berkaca pada kejadian tahun 2008 ke 2010 itu, China sepertinya kali ini lebih hati-hati melakukan pergantian pemain dari 2012 ke 2014. Mereka kini menerapkan pola regenerasi senior-junior untuk Tim Thomas dan Uber mereka. Nama Sun Yu, Bao Yixin dan Tang Jinhua adalah beberapa nama-nama baru untuk Tim Uber China, sementara Tian Houwei, Liu Xiaolong dan Qiu Zihan adalah 3 nama yang akan memulai debut di Thomas China tahun 2014 ini. Berikut daftar lengkap Tim Thomas Uber China tahun 2012 dan 2014 :

Tim Thomas

2012 : Lin Dan, Chen Long, Chen Jin, Du Pengyu, Cai Yun/Fu Haifeng, Hong Wei/Shen Ye, Chai Biao/Guo Zhendong

2014 : Chen Long, Du Pengyu, Tian Houwei, Lin Dan, Liu Xiaolong/Qiu Zihan, Chai Biao/Hong Wei, Fu Haifeng/Zhang Nan

Tim Uber

2012 : Wang Yihan, Wang Xin, Wang Shixian, Li Xuerui, Wang Xiaoli, Yu Yang, Tian Qing/Zhao Yunlei, Cheng Shu/Pan Pan

2014 : Li Xuerui, Wang Shixian, Wang Yihan, Sun Yu, Bao Yixin/Tang Jinhua, Tian Qing/Zhao Yunlei, Ma Jin/Wang Xiaoli

Peluang China untuk kembali mempertahankan gelar yang diraih tahun 2012 lalu tentu sangat besar. Namun negara-negara lain tentu juga punya peluang bagus untuk meruntuhkan dominasi para pemain China ini. Sebut saja Indonesia dan Malaysia yang bisa menjadi batu sandungan Tim Thomas China, atau Jepang dan Thailand yang bisa saja memberi shock mental bagi Tim Uber China. Dalam olahraga, kejutan tentu sangat dinantikan dan kita berharap, Indonesia bisa menjadi pembuat kejutan…