Indonesia tempatkan 2 Pasangan ke Final

BRV1QpCCQAASzVR.jpg large

Indonesia sukses menempatkan 2 wakil di babak Final Kejuaraan BWF World Championship 2013. 2 wakil Indonesia yang akan tampil di babak Final hari ini adalah pasangan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan (foto atas) dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Kedua pasangan Ganda Indonesia itu sukses melangkah ke partai Final usai sama-sama mengalahkan pasangan China yang merupakan Juara Dunia dan Juara Olimpiade di depan publik China sendiri di Tianhe Indoor Gymnasium kemarin. Ahsan/Hendra sukses mengalahkan Cai Yun/Fu Haifeng, sementara Owi/Butet berhasil mengalahkan Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Pasangan Ganda Putra Indonesia, Muhammad Ahsan dan Hendra Setiawan lebih dulu menempatkan diri di babak Final. Tampil di semifinal sesi pertama, Ahsan dan Hendra sukses mengalahkan pasangan Cai dan Fu itu dalam pertandingan dua gim langsung, 21-19 21-17. Mengawali pertandingan dengan banyak kesalahan hingga tertinggal 7-11, Ahsan dan Hendra membalikkan keadaan tatkala menyamakan kedudukan di poin 17-17. Mereka meraih 4 dari 6 poin selanjutnya hingga menutup kemenangan 21-19 di gim pertama.

Menginjak gim kedua, pasangan Indonesia sudah menemukan pola permainannya. Mereka berhasil mendikte permainan lawan hingga sempat unggul jauh 18-11 dan menutup kemenangan 21-17. Dengan kemenangan pasangan Indonesia ini, China gagal menyapu bersih gelar Juara Dunia Bulutangkis seperti yang dilakukan di tahun 2010 dan 2011 lalu.

Untuk babak Final yang akan dilangsungkan mulai pukul 13.00 waktu Guangzhou, Ahsan dan Hendra akan berjumpa dengan pasangan Denmark, Mathias Boe/Cartsen Mogensen yang berhasil mengalahkan pasangan Korea, Kim Ki Jung/Kim Sa Rang di babak Semifinal lain dengan skor 21-23, 21-18, 21-18.

Dilihat dari rekor pertemuan, keduanya pasangan pernah berjumpa satu kali di babak pertama Prancis Terbuka 2012 lalu. Pada pertemuan itu, Ahsan dan Hendra memenangkan pertandingan dalam pertandingan dua gim langsung, 21-16, 21-15. Dilihat dari skor pertemuan itu, Ahsan/Hendra sangat berpeluang untuk kembali menang. Kita harapkan ya…

Final keempat di Kejuaraan Dunia bagi Liliyana

BRV17neCcAAl5Sh.jpg large

Wakil Indonesia kedua yang lolos ke babak Final Kejuaraan BWF World Championship 2013 adalah pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (foto atas). Ganda Campuran yang berperingkat 2 dunia itu sukses mengalahkan Juara Dunia dan Juara Olimpiade, Zhang Nan/Zhao Yunlei di partai Semifinal terakhir yang berlangsung hari itu. Mereka berhasil menang atas pasangan China itu dengan skor ketat 15-21, 21-18, 21-13.

Berlangsung selama 1 jam 13 menit, pertandingan nomor Ganda Campuran yang merupakan ulangan Final All England 2013 itu berjalan sangat seru. Meski selalu unggul dalam perolehan poin di gim pertama, Owi/Butet justru lengah di poin penentukan. Dari kedudukan 15-13, Owi/Butet justru langsung kalah 15-21.

Kejadian di gim pertama itu tak mau diulang di gim kedua dan ketiga. Mereka yang selalu memimpin jalannya pertandingan akhirnya berhasil memenangkan Semifinal itu dengan skor 21-18 dan 21-13. Keberhasilan pasangan Indonesia itu melangkah ke babak Final menjadi catatan tersendiri buat Liliyana Natsir.

Untuk diketahui, Final Kejuaraan Dunia 2013 ini adalah Final keempat bagi Liliyana di ajang BWF World Championship. Sebelumnya, ia menginjakkan kaki di babak Final pada edisi tahun 2005, 2007 dan 2009 bersama Nova Widianto. Dari tiga Final sebelumnya itu, Liliyana sukses memenangkan dua Gelar Juara Dunia pada tahun 2005 dan 2007. Di tahun 2009, Langkahnya dihentikan pasangan Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl.

Iklan