Simon Tumbang, Lin Dan Melaju

simon%20h1%20wc%2013%2010a

Dua Pebulutangkis Tunggal Putra yang telah lama absen dari kejuaraan bulutangkis internasional, yaitu Simon Santoso dan Lin Dan, hari ini kembali melakoni pertandingan bulutangkis internasionalnya pada Kejuaraan BWF World Championship 2013. Bertarung di babak pertama untuk memperebutkan satu tempat di babak 32 besar, Lin Dan dan Simon yang ditempatkan di poll berbeda, juga turut mendapatkan nasib yang lain.

Simon yang menjadi pemain Indonesia pertama yang tampil di arena Tianhe Indoor Gymnasium hari ini, harus merelakan kampanye Kejuaraan Dunianya berakhir ketika harus tumbang di tangan pemain Taipei, Jen Hao Hsu, lewat rubber game ketat 21-11, 13-21, 20-22. Sempat unggul 19-18 di gim penentuan, Simon mengaku terlalu terburu-buru, sehingga tidak bisa mengkonversi keunggulan itu menjadi kemenangan.

“Saya kurang sabar, terlalu buru-buru mau mematikan bola, padahal tidak mudah untuk mematikan bola. Di poin-poin kritis, dua bola tanggung justru gagal saya kembalikan karena menyangkut di net,” begitu jelas Simon mengomentari pertandingannya yang memakan waktu selama 1 jam 15 menit itu, dikutip dari situs Badminton Indonesia hari ini.

Kekalahan ini diprediksi akan berimbas besar pada posisi Simon Santoso di Pelatnas Cipayung. Seperti yang telah diungkapkan Rexy Mainaky dalam wawancara bersama Tabloid Bola beberapa waktu lalu, Simon bersama dengan Firda terancam akan dipulangkan ke klubnya apabila tidak menunjukkan permainan gemilang di Kejuaraan Dunia kali ini. “Kalau Simon dan Firda (Adriyanti Firdasari – red) tidak bisa tampil sesuai harapan, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada keduanya,” begitu ucapan Rexy yang secara tidak langsung mengungkapkan akan mendegradasi keduanya.

Lin Dan tampilkan keperkasaan

554026_405766842867541_1997893449_n

Jika comeback Simon di kejuaraan bulutangkis internasional berbuah kekalahan, Lin Dan justru menampilkan keperkasaan. Di depan publiknya sendiri, ia mempermalukan pemain keturunan Thailand yang kini membela Negeri Paman Sam, Sattawat Pongnairat, di babak pertama kejuaraan BWF World Championship hari ini. Lin Dan mengalahkan Pongnairat dengan dua gim telak, 21-6, 21-9, hanya dalam 27 menit.

Usai menang mudah dari pemain berkebangsaan Amerika Serikat itu, Lin Dan akan berjumpa dengan pemain Belanda, Eric Pang di babak kedua. Eric sendiri tak perlu menyeka banyak keringat untuk mendapatkan satu tempat di babak 32 besar ini, karena lawan yang seharusnya dihadapi oleh Eric di babak pertama hari ini, yaitu Kenichi Tago, memutuskan walkover karena mengalami cedera.

Selain Lin Dan, tiga tunggal putra China lain yang tampil di Kejuaraan BWF World Championship 2013 ini, yaitu Chen Long [2], Du Pengyu [3] dan Wang Zhengming [14], juga berhasil lolos dengan mulus ke babak 32 besar. Chen Long berhasil mengalahkan pemain Austria, Luka Wraber dengan skor 21-2 21-5, Du Pengyu mengalahkan Shon Wan Ho dengan skor 21-17 16-21 21-13, dan Wang Zhengming berhasil mengalahkan Yuhan Tan dengan skor 21-17 21-14.

Pemuncak unggulan di nomor tunggal putra ini, yaitu Lee Chong Wei, juga mulus melangkah ke babak 32 besar. Ia sukses mengandaskan pemain Irlandia, Scot Evans, lewat pertandingan dua gim langsung, 21-14 21-15. Pada babak kedua yang akan berlangsung Rabu mendatang, Lee akan bertarung melawan pemenang pertandingan antara Dionysius Hayom Rumbaka (Indonesia) versus Misha Zilberman (Israel).