Ganda Malaysia “Ngambek”

1000004_405784036199155_1431979858_n

Pada Kejuaraan BWF World Championship 2013 ini, Aroma persaingan yang tidak sehat diperlihatkan oleh Tuan Rumah, China kepada Tim Malaysia. Setelah kemarin pihak China menolak untuk memberikan lapangan bulutangkis bagi tempat latihan Tim Malaysia yang dipimpin oleh Lee Chong Wei, Hari ini para ofisial lapangan pertandingan Ganda Campuran antara pasangan Malaysia, Tan Aik Quan/Lai Pei Jing (foto atas) melawan pasangan China, Tao Jiaming/Tang Jinhua, juga diwarnai dengan intrik penuh kecurangan.

Ganda Campuran Malaysia yang menurut saya punya kualitas permainan lebih baik, harus kalah dari pasangan Tao Jiaming dan Tang Jinhua dalam permainan dua gim langsung, 19-21 7-21. Pada pertandingan itu, kebanyakan poin yang didapat Tao dan Tang ini bukan berasal dari serangan-serangan keduanya. Menurut salah satu komentar di Fanpage Bulutangkis Malaysia di jejaring sosial Facebook, poin poin yang didapat oleh Ganda Campuran China ini berasal dari keputusan wasit yang dirasakan penuh kecurangan.

Kecurangan yang paling merugikan Malaysia tentu masalah Kerusakan papan skor. Karena rusak, penghitungan angka pun dilakukan secara manual. Tetapi, penghitungan manual oleh wasit itupun berbuntut ketidakadilan. Berikut adalah ilustrasi kecurangan yang dilakukan wasit pada pertandingan ganda campuran antara Malaysia melawan China itu.

Pada kedudukan 18-18, China mendapat point. Harusnya 19-18 untuk China, tetapi wasitnya salah bilangnya 19-17 untuk China. Kedua pasangan saat itu tidak sadar Terus Malaysia dapat point, harusnya 19-19, tapi Wasit bilangnya 19-18 untuk China. Pemain tetap belum sadar. Malah waktu pemain putra Malaysia serve, dia servenya di lapangan kiri (angka ganjil, karena merasa pointnya 19), si wasit tidak mengoreksi. Akhirnya China game point duluan (harusnya 20-19), tetapi Wasit tetap bilangnya 20-18. Pemain tetap belum sadar. Sampe pas Malaysia dapat point, Harusnya 20-20, wasit bilangnya 20-19. Baru pemain Malaysia sadar dan melakukan protes.

Protes yang dilakukan Pihak Malaysia ini pun berbuntut dengan terhenti pertandingan cukup lama. Pihak Malaysia ngambek bertanding karena merasa dicurangi. Pada akhirnya, Meski sudah memprotes, wasit tetap menyatakan skor 20-19 untuk China itu.

Karena peristiwa tersebut, Pasangan Malaysia pecah konsen hingga Pasangan China pun meraih kemenangan tipis 21-19 di gim pertama itu. Pada gim kedua, Tan dan Lai sudah terlihat bermain tanpa gairah perlawanan. Mereka sudah tahu kalaupun akan bermain fighting, kecurangan pastinya akan kembali terjadi.

602535_503529439726995_763135485_n

BQ6YrglCQAATQDm

Meski pasangan Tan Aik Quan/Lai Pei Jing (foto atas) ini telah kandas, Malaysia masih memiliki 2 ganda campuran yang akan bertarung di babak 32 besar. 2 Ganda Campuran Malaysia yang akan tampil pada Hari Rabu mendatang itu adalah Chan Peng Soon/Goh Liu Ying [5] dan Ong Jian Guo/Lim Yin Loo. Untuk pertandingan babak kedua nanti, Chan/Goh akan bertarung melawan pasangan Korea, Kim Ki Jung/Jung Kyung Eun, sementara Ong/Lim akan berjumpa pasangan Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir.