China Batal Batasi Twitter?

Picture1b

Twitter tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian yang telah mengenal dunia internet. Namun, tahukah anda bahwa jejaring sosial terbesar kedua setelah Facebook ini ternyata sempat diblokir di Negara China? Kebanyakan anda pasti menjawab belum tahu. Kali ini, duaribuan mau cerita menyoal pemblokiran twitter di Negeri Tirai Bambu itu. Tak lupa, duaribuan juga akan mengaitkan masalah ini dengan dunia bulutangkis. Ayo kita mulai.

Pada bulan Juni tahun 2009, secara mengejutkan Pemerintah Republik Rakyat China mengeluarkan keputusan membatasi penggunaan twitter di China. Keputusan pemblokiran yang dikeluarkan pemerintah China itu dikarenakan ada kasus sensasional yang menjadi pemberitaan internasional saat itu, dimana dua kaum terpinggirkan di Negara China, yaitu Buddhist Tibet dan Muslim Xinjiang yang berkeinginan memisahkan diri dari pemerintahan China, dengan mengejutkan mengeluarkan aksi fenomenal penggalangan dukungan lewat jejaring sosial Twitter.

Mungkin Terusik dengan aksi “separatis” di dua daerah itu, China akhirnya tegas membuat keputusan pembatasan Twitter hingga saat ini. Karena keputusan itu, tak ayal Masyarakat China saat ini jarang ada yang memiliki akun jejaring sosial Twitter. Mereka kebanyakan menggunakan jejaring sosial Weibo sebagai pengganti Twitter (Produk dalam negeri, Bagus!!).

Mungkin Mengetahui kabar diblokirnya Twitter di China itu, beberapa pebulutangkis pun sempat membuat tweet perpisahan sementara sebelum keberangkatan mereka ke Guangzhou untuk mengikuti Kejuaraan Dunia. Andy Ellis adalah salah satu diantaranya. Lewat akunnya @andyellis24, ia sempat mengungkapkan pada followersnya akan meninggalkan twitter selama beberapa hari karena Twitter di China diblokir. “About to board to china now! Will be my last tweet for some time because china have a policy of no twitter! Hoping to return with a medal!” begitu bunyi tweet dari pemain yang akan berpasangan dengan Chris Adcock di nomor ganda putra itu.

Namun setelah tiba di Guangzhou, Andy Ellis terkejut karena ia masih tetap bisa membuka Twitter di China. “Surprised that twitter works in china! Time to start training out here, leaving to practice in 20 mins,” begitu bunyi tweet Andy pada Hari Jumat kemarin (foto atas). Dengan bisanya Andy membuka twitter di China kemarin, berarti aturan mengenai pembatasan twitter itu telah dibatalkan. Benarkah?

Selain Andy, beberapa pemain bulutangkis lain juga tetap bisa menjaga eksistensi di jejaring sosial Twitter. Diantara banyak pemain itu, ada pasangan Pia Zebadiah Bernadet dan Rizky Amelia Pradipta. Sore tadi, mereka masih dapat membuat tweet di akun twitter mereka masing-masing @bernadetttt dan @Ameliiarizkii. Keduanya memamerkan foto-foto narsis mereka yang baru usai melakoni aktivitas Gym bersama pemain Jepang, Eriko Hirose. Berikut adalah foto-fotonya.

553beaf8fc2811e2828a22000a9f191e_7

be95f80afc2711e2a46f22000a1de414_7