Skuad Indonesia Jalani Latihan Perdana

Tim Kejuaraan Dunia Indonesia yang telah tiba di Guangzhou pada Hari Kamis Kemarin (dari Pelatnas), hari ini mulai melaksanakan sesi latihan perdana untuk menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dan cuaca di China. Bertempat di Asia Badminton Training Center yang sebelumnya telah disewa oleh Ofisial Tim Indonesia, para pemain berlatih selama 2 jam dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 Waktu Guangzhou.

Dalam sesi latihan perdana di Guangzhou itu, para pemain melakoni latihan dengan porsi yang sama seperti di Cipayung. Menurut Joko Supriyanto yang merupakan pelatih tunggal putra, perbedaan yang paling mencolok hanyalah masalah waktu. “Latihan ini bobotnya sama seperti di Pelatnas Cipayung, hanya waktunya saja yang lebih sedikit,” begitu ujar pelatih yang merupakan Juara Dunia tahun 1993 itu.

Latihan perdana dibuka dengan kegiatan pemanasan bersama. Usai pemanasan, para pemain melanjutkan ke sesi latihan teknik yang dibimbing oleh para pelatihnya masing-masing. Usai kedua latihan itu, para pemain berlatih sparring dengan format yang berbeda. Untuk sektor tunggal, diterapkan format satu lawan tiga, sementara di ganda, beberapa atlet bermain dengan pasangan yang berbeda-beda. Usai melakoni latihan pada sesi pagi pukul 09.00 – 11.00 Waktu Guangzhou ini, para pemain Indonesia akan kembali melakoni latihan pada sesi sore pukul 16.00 – 18.00 nanti di Asia Badminton Training Center.

Untuk arena pertandingan, Tim Indonesia rencananya akan mulai menjajal Tianhe Indoor Gymnasium pada Hari Sabtu, 3 Agustus besok. Dalam jadwal yang sudah dirilis di situs resmi BWF, Indonesia mendapatkan jatah di sesi pagi mulai pukul 09.30 – 11.00 di tiga lapangan. Indonesia akan berlatih satu waktu bersama para pemain dari Belanda dan Swiss.

Pada tanggal 4 Agustus sendiri, Indonesia sebenarnya juga mendapatkan jatah sesi latihan. Namun, sesi latihan di hari itu dilakukan pada sore hari (16.00 – 18.00). Untuk menjaga kondisi pemain agar tetap fit, pelatih mungkin akan memilih para pemainnya untuk latihan pada Hari Sabtu saja. Selengkapnya, berikut adalah jadwal pembagian sesi latihan di Tianhe Gymnasium pada 3-4 Agustus ini.

Picture1f

Picture1g

993334_626390804060880_2038277179_n

Tianhe Gymnasium : tempat digelarnya Asian Games 2010. Pada waktu itu, Indonesia berhasil meraih total 4 medali, yaitu 1 emas dan 3 perunggu. Emas didapat dari Markis Kido/Hendra Setiawan, sementara perak diraih dari Pasangan Muhammad Ahsan/Alvent Yulianto, Beregu Putra dan Beregu Putri.