WBC Preview – Liliyana Ingin raih gelar Ketiga

Badminton Mixed Doubles Semifinals - IND v CHN - Full Replay -- London 2012 Olympic Games.mp4_000727440

Selain Ganda Putra, nomor Ganda Campuran menjadi salah satu andalan lain Indonesia untuk bisa meraih gelar Juara. Di nomor ini, empat wakil yang akan dikirimkan oleh Indonesia memiliki kapabilitas yang cukup mumpuni. Dari keempatnya, pasangan Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad tentu menjadi harapan utama. Pasangan Unggulan ketiga ini menjadi pasangan yang paling diharapkan untuk menang karena menjadi Ganda Campuran paling sukses di awal musim 2013 ini, dengan meraih total 3 gelar Superseries.

Senada dengan harapan yang dibebankan oleh masyarakat Indonesia itu, Liliyana Natsir juga mengungkapkan ambisinya untuk bisa meraih gelar Juara Dunia ketiganya. “Saya tentu ingin menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya. Apalagi saya kini bermain dengan partner yang berbeda,” begitu ujar Liliyana Natsir dikutip dari situs Sportsatu.com hari ini.

Namun, keinginan Butet untuk bisa meraih gelar Juara Dunia untuk ketiga kalinya itu tentu tidak mudah. Ia bersama Owi harus memenangkan pertandingan dari lawan yang tentu tidak boleh diremehkan, seperti Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Zhang Nan/Zhao Yunlei, hingga Xu Chen/Ma Jin. Tiga lawan itu duaribuan prediksi akan dijumpai oleh keduanya mulai babak Perempat Final yang akan dilaksanakan mulai Hari Jumat mendatang.

All England vs World Champion

Selain karena lawan-lawan yang bisa dibilang sangat tangguh, keinginan Butet untuk bisa menjadi Juara Dunia juga diprediksi akan terhalang oleh mitos yang sudah berlangsung selama 10 tahun belakangan, dimana Juara All England selalu tidak sejalan dengan Juara Dunia/Olimpiade. Berikut adalah Data dan Faktanya.

  • 2003 : Juara All England – Zhang Jun/Gao Ling [CHN], Juara Dunia – Kim Dong Moon/Ra Kyung Min [KOR]
  • 2004 : Juara All England – Kim Dong Moon/Ra Kyung Min [KOR], Juara Olimpiade – Zhang Jun/Gao Ling [CHN]
  • 2005 : Juara All England – Nathan Robertson/Gail Emms [ENG], Juara Dunia – Nova Widianto/Liliyana Natsir [INA]
  • 2006 : Juara All England – Zhang Jun/Gao Ling [CHN], Juara Dunia – Nathan Robertson/Gail Emms [ENG].
  • 2007 : Juara All England – Zheng Bo/Gao Ling [CHN], Juara Dunia – Nova Widianto/Liliyana Natsir [INA]
  • 2008 : Juara All England – Zheng Bo/Gao Ling [CHN], Juara Olimpiade – Lee Hyo Jung/Lee Yong dae [KOR].
  • 2009 : Juara All England – He Hanbin/Yu Yang [CHN], Juara Dunia – Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl [DEN]
  • 2010 : Juara All England – Zhang Nan/Zhao Yunlei [CHN], Juara Dunia – Zheng Bo/Ma Jin [CHN]
  • 2011 : Juara All England – Xu Chen/Ma Jin [CHN], Juara Dunia – Zhang Nan/Zhao Yunlei [CHN]
  • 2012 : Juara All England – Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir [INA], Juara Olimpiade – Zhang Nan/Zhao Yunlei [CHN]
  • 2013 : Juara All England – Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir [INA], Juara Dunia – ?????

Dari data dan Fakta diatas, ada yang menarik terjadi pada Zhang Nan/Zhao Yunlei. Tahun 2010, mereka berhasil meraih All England. Setahun kemudian, giliran Gelar Juara Dunia berhasil diraih. Sementara di tahun 2012, Emas Olimpiade akhirnya dikalungkan. Tiga tahun itu tentu menjadi tahun yang istimewa buat Zhang dan Zhao. Melihat perjalanan Zhang/Zhao yang istimewa itu, duaribuan berharap bahwa Owi dan Butet bisa juga mengalami trend seperti Zhang dan Zhao. Tahun 2014 meraih All England, tahun 2015 meraih Gelar Juara Dunia, dan tahun 2016 meraih emas Olimpiade.

Picture1e