(Universiade) Malaysia rontok di Semifinal

Picture1

3 wakil Malaysia yang pagi kemarin berhasil menempatkan diri di babak Semifinal kejuaraan Perorangan Bulutangkis Universiade Kazan 2013, yaitu pasangan ganda putri Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean, tunggal putra Iskandar Zulkarnain dan ganda putra Loh Wei Sheng/Singh Jagdish rontok berjamaah pada babak 4 besar yang dilaksanakan pada sore harinya.

Pasangan Chow dan Lee yang berhasil mengalahkan satu-satunya wakil Indonesia babak Perempat Final, yaitu Aris Budiharti/Dian Fitriani, tumbang di babak Semifinal oleh Ganda Korea, Jang Ye Na/Kim So Young dua gim langsung, 17-21, 9-21. Iskandar Zulkarnain yang pagi harinya berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, Vladimir Malkov, pada sore harinya harus bertekuk lutut di hadapan pemain unggulan kedua, Tanongsak Saensoombonsuk yang mengalahkannya telak 21-9, 21-11.

Satu wakil lain dari Malaysia di nomor ganda putra, yaitu Loh Wei Sheng dan Singh Jagdish, memang kalah kelas dari lawannya yang merupakan World No #1, Ko Sung Hyun/Lee Yong dae. Mereka kalah 14-21, 9-21. Lawan Ko dan Lee di babak Final yang akan berlangsung hari ini adalah satu-satunya harapan tuan rumah, Vladimir Ivanov dan Ivan Sozonov yang di babak Semifinal berhasil mengalahkan pasangan Korea lainnya, Kim Ki Jung/Hong Ji Hoon lewat rubber game 17-21, 21-11, 21-15.

Tuan Rumah Rusia sebenarnya punya kans untuk meraih satu tiket lain di nomor ganda campuran, saat Vladimir Ivanov yang turun berpasangan dengan Nina Vislova berhadapan dengan pasangan Korea, Kim Ki Jung/Kim So Young. Mereka yang berhasil meraih gim pertama 22-20, sempat unggul 18-16 di gim kedua. Sayangnya, mereka terkejar hingga kalah 19-21. Pada gim penentuan, Ivanov dan Vislova sebenarnya juga sudah unggul 16-14, tetapi lagi-lagi, mereka kalah dalam hal finishing touch. Duo Kim menutup kemenangan dengan skor 21-17.

Untuk partai Final yang akan berlangsung mulai pukul 13.00 Waktu Kazan, Korea menjadi kontingen terbanyak dengan menempatkan 4 wakil di Final, China menyusul dengan 3 wakil, sementara Thailand, Taipei dan Rusia masing-masing 1 wakil. Line Up Final Bulutangkis Peorangan Universiade Kazan 2013 adalah sebagai berikut.

😄 : Liu Cheng/Tian Qing [CHN] vs Kim Ki Jung/Kim So Young [KOR]

WS : Sung Ji Hyun [KOR] vs Tai Tzu Ying [TPE]

MS : Gao Huan [CHN] vs Tanongsak Saensoombonsuk [THA]

WD : Luo Yu/Tian Qing [CHN] vs Jang Ye Na/Kim So Young [KOR]

MD : Ko Sung Hyun/Lee Yong dae [KOR] vs Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov [RUS]