(AJC) Bayu Kalah, Bayu Menangis

bayu d1 5a acy 13

Dua pebulutangkis tunggal putra muda Indonesia, yaitu Muhammad Bayu Pangisthu (foto atas) dan Anthony Sinisuka Ginting menjadi wakil pertama Tanah Air yang kandas di babak awal kejuaraan Badminton Asia Youth U-19 Championship kemarin. Bayu yang berujar di jejaring sosial twitter bahwa ia telah mempersiapkan kejuaraan ini sejak jauh-jauh hari, ternyata kalah dari sesama pemain non unggulan asal Taipei, Yang Sheng Jie, dua gim langsung, 16-21, 19-21. Akibat kekalahan ini, Bayu pun mengaku bahwa ia menangis.

“Udah ya pegel euy tangan hahaa tadi nangis kesel aja tapi lama sih soalny pertandingan yang udh d siap2in malah gini aduh keinget lagi deh,” begitu bunyi tweet Bayu di akun jejaring sosial twitter miliknya di @bayupangisthumu tadi malam. Kekalahan Bayu ini diprediksi berasal dari cedera yang menimpanya. Dikutip dari twitter Kasubid Hubungan Internasional @broedyanto, Bayu bersama sang bestfriend, Ihsan, sama-sama mengalami cedera. “Ternyata ihsan maulana dan bayu ada masalah dilutut,makanya tdk diturunkan,” begitu tweet Koh Rudy beberapa hari lalu.

Meskipun sama-sama sedang ada masalah lutut, Ihsan punya nasib berbeda dengan Bayu pada pertandingan babak pertama kemarin. Ihsan yang diunggulkan di tempat ke 14 ini berhasil lolos ke babak selanjutnya, usai mengalahkan pemain Korea, Lee Jun Sun, dua gim langsung, 21-10, 21-19. Selain Ihsan, Indonesia juga menempatkan satu wakil lain di nomor ini, yaitu Fikri Ihsandi Hadmani. Fikri yang ditempatkan sebagai unggulan 8 berhasil memenangkan pertandingan babak pertama atas pemain Kazakstan, Kaitmurat Kulmatov, dua gim langsung, 21-9, 21-15.

Sementara Anthony Sinisuka Ginting yang berhasib sama dengan Bayu, mungkin sedikit bisa dimaklumi kekalahannya. Pemain yang berusia 16 tahun itu memang baru pertama kali bertanding di lapangan ini (ia tak turun saat Beregu). Sang lawan sendiri, Yusuke Onodera, sudah dua kali tampil di arena Likas Indoor Stadium, jadi mungkin Onodera lebih dulu in dibanding Anthony yang masih menjajaki lapangan. Pada pertandingan itu, Anthony kalah dua gim juga, 17-21, 11-21.

Hari ini (11 Juli 2013), Penyisihan nomor Perorangan memasuki babak kedua untuk keempat nomor, yaitu BS, GS, BD dan GD, sementara untuk😄, baru akan mempertandingan babak pertama pada sesi pagi, dilanjutkan babak kedua pada sesi malam. Selengkapnya, berikut adalah Draw para pemain Indonesia di Hari kedua Perorangan Bulutangkis pada ajang Badminton Asia Youth U-19 Championship 2013.

Boy’s single

  • Fikri Ihsandi Hadmadi [INA/8] vs Satheishtharan Ramachandran [THA]
  • Ihsan Maulana Mustofa [INA/14] vs Siwei Zheng [CHN]

Girl’s single

  • Hanna Ramadhini [INA/2] vs Ai Ninna Tan [SIN]
  • Russeli Hartawan [INA] vs Selvaduray Kisona [MAS]
  • Intan Dwi Jayanti [INA] vs Chen Yufei [CHN]
  • Fitriani [INA] vs Wang Xinyuan [CHN]

Boy’s double

  • Arya Maulana/Kevin Sanjaya [INA/1] vs Kittiphon Chairojkanjana/Sutichon Pol Gul [THA]
  • Arsya Isnanu Ardiputra/Yantoni Edy Saputra [INA/6] vs Ko Chi Chang/Chi Hung Liao [TPE]
  • Fajar Alfian/Rian Swastedian [INA] vs Keh Yeap Chua/Muhammad Amzzar Zainuddin [MAS]

Girl’s double

  • Setyana Mapasa/Rosyita Eka Putri Sari [INA/5] vs Chao Ning Chang/Yu Ting Lin [TPE]
  • Uswatun Khasanah/Masita Mahmudin [INA] vs Lee Boon/Lee Sun Min [KOR]
  • Febriani Endar Kusumawati/Della Augustia Surya [INA] vs Kittiphon Chairojkanjana/Sutichon Pol Gul [THA]

Mixed double

  • Rafiddias Akhdan Nugroho/Setyana Mapasa [INA] vs Santosh Ravuri/Poorvisha Ram S [IND]
  • Rian Swastedian/Masita Mahmudin [INA] vs Hashiru Shimono/Arisa Higashino [JPN]
  • Fajar Alfian/Febriani Endar Kusumawati [INA] vs Jason Lo/Kit Wong [MAC]
  • Arsya Irnanu Ardiputra/Della Augustia Surya [INA] vs Pulina Amaranayake/Ilmi Kaludava [SRI]