(AJC) Kalah dari Malaysia, Indonesia jumpa Thailand di Perempat Final

hanna h3 5a acy 13

Tim Bulutangkis Beregu Campuran Indonesia yang bertarung di kejuaraan Badminton Asia Youth U-19 Championship harus mengakui keunggulan tuan rumah Malaysia pada laga penentuan juara Grup A, Senin kemarin. Indonesia kalah dengan skor tipis 2-3 pada babak penyisihan itu. Kekalahan ini membuat Tim Indonesia gagal memenuhi target pertama yang dibebankan kepada Hanna dkk, yaitu Juara grup. Indonesia hanya finish sebagai Runner Up di Grup A.

Dari lima nomor yang dipertandingan, tiga angka yang berhasil dicuri oleh Malaysia didapat dari nomor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri. Di tunggal putra, Indonesia yang menurunkan Fikri Ihsandi Hadmani harus kalah dari Runner Up AJC 2012 lalu, Song Joo Ven rubber game 14-21, 21-15, 11-21. Di tunggal putri, Hanna Ramadhini (foto atas) yang sebenarnya sempat unggul 11-6 di interval gim penentuan, justru harus berakhir kalah 21-13, 13-21, 17-21 dari Runner Up ASG 2013 lalu, Mei Ho Yen.

Apes juga terjadi di ganda putri. Turun di partai pamungkas, pasangan Rosyita Eka Putri Sari dan Setyana Mapasa yang sebenarnya punya skill lebih baik, juga harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia, Joyce Choong/Yap Cheng Wen dengan rubber game 19-21, 21-15, 18-21. Dua angka kemenangan yang berhasil dipetik Indonesia disumbang oleh Kevin Sanjaya Sukamulyo yang bermain di dua nomor, yaitu ganda putra dengan Arya Maulana Aldiartama dan ganda campuran dengan Masita Mahmudin. Hasil selengkapnya adalah sebagai berikut.

😄 : Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin vs Chua Kek Wei/Yap Cheng Wen 21-14, 21-14

BS : Fikri Ihsandi Hadmadi vs Soong Joo Ven 14-21, 21-15, 11-21

BD : Arya Maulana Aldiartama/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Dareen Isaac Devadas/Ong Yew Sin 21-15, 21-12

GS : Hanna Ramadini vs Ho Yen Mei 21-13, 13-21, 17-21

GD : Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa vs Joyce Choong/Yap Cheng Wen 19-21, 21-15, 18-21

Dengan hanya finish sebagai Runner Up Grup, Indonesia secara otomatis akan berjumpa dengan Juara Grup di babak Perempat Final. Dari undian yang sudah diberikan, Indonesia harus berjumpa dengan Tim kuat Thailand. Menghadapi Thailand, Chafiz Yusuf yang merupakan manajer Tim Indonesia berujar bahwa Indonesia akan mengandalkan nomor ganda untuk bisa memenangkan pertandingan.

“Walau diatas kertas Thailand lebih unggul, namun kita harus tetap berusaha. Tiga nomor yang diharapkan dapat menyumbang poin adalah ganda campuran, ganda putra dan diusahakan bisa ambil di ganda putri. Thailand lebih unggul di tunggal putra dan tunggal putri,” ujar Chafidz dikutip dari Badminton Indonesia.

Untuk pemain sendiri, Indonesia akan menurunkan formasi yang sama ketika melawan Malaysia untuk laga melawan Thailand pagi ini. Menurut Chafiz, formasi itu adalah formasi terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. “Kami menurunkan formasi yang sama dengan seperti melawan Malaysia karena memang itu formasi terbaik,” lanjut Chafiz yang juga pelatih ganda putra itu. Selengkapnya, berikut adalah susunan Tim Indonesia melawan Thailand di laga Perempat Final yang akan mulai berlangsung 09.00 Waktu Kinabalu.

😄 : Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin vs Puavaranukroh Dechapol/Putita Supajirakul

BS : Fikri Ihsandi Hadmadi vs Thammasin Sitthikom

GS : Kevin Sanjaya Sukamuljo/Arya Maulana Aldiartama vs Puavaranukroh Dechapol/Ketlen Kittinupong

GS : Hanna Ramadini vs Busanan Ongbumrungpan

GD : Rosyita Eka Putri Sari/Setyana Mapasa vs Putita Supajirakul/Lam Narissapat

duaribuan kembali mengucapkan terima kasih atas doa kalian semua sehingga saya bisa lolos SBMPTN di UNS.. Jangan lupa, kalau saya sudah dapat Jas Almamater UNS (18-19 Juli baru Registrasi), saya mau bikin kuis Pulsa 100ribu di Twitter saya @sunsunu… Ikutan yuk!