Korea puji Universiade Kazan

1013512_535144603199398_194679682_n

Kepala Kontingen Tim Bulutangkis Korea untuk Universiade 2013, Choi Byung Hak memuji penyelenggaraan kejuaraan Universiade di Kazan tahun 2013 ini. Ia menilai bahwa pihak penyelenggara menyiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik, mulai dari peralatan olahraga yang digunakan, arena pertandingan, hingga hal-hal kecil seperti makanan dan penginapan.

“Penyelenggaraan turnamen mulai dari kualitas shuttlecock hinga arena pertandingan sangat baik. Kami juga sangat cocok dengan makanan dan penginapan disini,” begitu komentar Choi dikutip dari situs resmi kazan2013.ru. Menurutnya, satu-satunya hal yang sedikit menganggu adalah masalah prosedur keamanan yang begitu ketat. “Satu-satunya hal yang mengganggu menurut saya adalah masalah pemeriksaan barang. Kami punya banyak barang yang dibawa dan kami harus selalu membukanya setiap keluar masuk arena. Kami tentu paham bahwa ini untuk keamanan, tapi pemeriksaan ini menguras cukup banyak waktu,” lanjut Choi sedikit mengeluh.

Choi datang ke Universiade Kazan memimpin pasukan Korea yang berjumlah 10 orang. 10 pemain yang dibawa oleh Choi itu adalah Hong Ji Hoon, Kim Min Gi, Kim Ki Jung, Lee Yong Dae, Ko Sung Hyun, Sung Ji Hyun, Jang Ye Na, Kim So Young, Lee So Hee dan Shin Seung Chan. Dengan membawa nama-nama pemain yang bisa dibilang tenar itu, Choi menargetkan timnya bisa meraih banyak emas, khususnya dari nomor peorangan.

“Di Kazan, kami menargetkan untuk meraih banyak emas di nomor peorangan. Saingan utama kami adalah China, Thailand, Taipei dan Jepang. Rusia selaku tuan rumah mungkin juga bisa menjadi batu sandungan terbesar, pasalnya mereka kini sangat intens memperhatikan dunia bulutangkis. Bisa jadi, beberapa tahun yang akan datang, Rusia akan menjadi pemimpin dalam olahraga ini,” tambah Choi mengomentari persaingan di Kazan kali ini.

Pada kejuaraan yang sama dua tahun lalu, Tim Korea berhasil meraih 2 medali emas dari nomor ganda putri dan ganda campuran. Emas Ganda Putri disumbang oleh Eom Hye Won/Jang Ye na yang berhasil mengalahkan pasangan Taipei, Hsiao Ma Pai/Cheng Shao Chiech di babak Final. Selain di Ganda Putri, Eom Hye Won juga meraih medali emas di ganda campuran. Berpasangan dengan Shin Baek Cheol, mereka sukses menundukkan Lee Sheng Mu/Hsieh Pei Chen.

Seusai kompetisi bulutangkis di Kazan ini berakhir, Choi beserta Tim Bulutangkis Korea berencana untuk jalan-jalan sebentar di Rusia. Setelah tiba di Rusia kemarin, mereka belum sempat menikmati indahnya Rusia. “Setelah tiba di Kazan kemarin, kami belum punya kesempatan untuk melihat kota, tapi kami nanti akan menyempatkan waktu jalan-jalan. Kami ingin melihat Kremlin (monumen iconic di Rusia),” begitu ucap Choi menutup wawancara dengan Kazan.ru.