Ganda Campuran sisakan satu Unggulan

Picture2

Pasangan Ganda Campuran Ardiansyah dan Devi Tika Permatasari menjadi satu-satunya pasangan berlabel unggulan yang tersisa di Kejuaraan Indonesia International Challenge 2013. Ardi dan Devi yang sempat membuat headline pada tahun 2011 dengan Lolos ke 5 Final Sirnas secara beruntun itu berhasil lolos ke babak Perempat Final IIC 2013 usai menundukkan pasangan Rahmat Adianto-Nurbeta Kwanrico lewat pertadingan dua gim langsung, 21-15, 21-9.

Di babak Perempat Final yang akan berlangsung pada Jumat esok, Ardi dan Devi akan ditantang oleh pemain non unggulan namun berpengalaman, Ridho Akbar dan Nathalia Christine Pouluakan. Ridho dan Nathalia sendiri sukses melaju ke babak Perempat Final usai menundukkan pasangan asal PB Djarum, Yahya Adi Kumara/Rahmadhani Hasiyanti Putri lewat pertandingan dua gim langsung, 21-17, 21-13.

Selain partai antara Ardi-Devi dan Ridho-Nathalia itu, nomor Ganda Campuran juga akan mempertandingkan partai menarik lain di poll atas, dimana pasangan yang menundukkan unggulan pertama (Alfian/Sri), yaitu Rendra Wijaya/Kesya Nurvita Hanadia akan dipertemukan dengan pemain senior berpengalaman, Trikus Harjanto yang berpasangan dengan Nadya Melati.

Trikus dan Nadya berhasil lolos ke babak 8 besar usai memenangkan pertandingan babak 16 besar atas pasangan PB Djarum, Angger Sudrajat/Ravenska Cintyua Adifta lewat rubber game 20-22, 21-11, 21-14. Dalam pertandingan yang cukup menguras keringat itu, Trikus Harjanto yang kini telah menginjak usia 39 tahun masih menampilkan permainan yang luar biasa. Pukulan-pukulan yang dikeluarkan oleh peraih medali perak Olimpiade Sydney ini masih tetap keras dan terarah. Dengan permainan cemerlangnya seperti di babak 16 besar itu, saya memprediksi bahwa ia bersama Nadya Melati berpeluang akan lolos ke babak Semifinal.

Untuk selengkapnya, berikut adalah draw pertandingan babak perempat final untuk nomor ganda campuran di kejuaraan Prim-A Indonesia International Challenge 2013.

Rendra Wijaya/Kesya Nurvita Hanadia [INA] vs Trikus Harjanto/Nadya Melati [INA]

Ardiansyah/Devi Tika Permatasari [INA/4] vs Ridho Akbar/Nathalia Pouluakan [INA]

Rafli Rizki Ristian/Novalita Anggraeni [INA] vs Tovannakasem Samatcha/Patchanut Krajangjit [THA]

Stefan Indra Hapsara/Tri Okta Selina [INA] vs Yodhi Satrio/Ni Ketut Mahadewi [INA]

Tunggal Putra seimbang

BOTmfcZCMAAKnLv.jpg large

Jika nomor Ganda Campuran hanya menyisakan satu unggulan saja di Perempat Final, nomor tunggal putra justru lain. Di kategori yang dulu merupakan nomor paling bergengsi ini terjadi keseimbangan antara pemain unggulan dan nonunggulan. Dari 8 pemain yang akan berlaga besok, 4 pemain merupakan unggulan, sementara 4 pemain lain merupakan pemain non unggulan.

Keempat unggulan yang tersisa di kejuaraan ini adalah sang Juara bertahan, Alamsyah Yunus [1], pemain asal Singapura, Robin Gonansa [7], pemain asal Hongkong, Nan Wei [HKG/4] dan pemain Indonesia yang berasal dari Kawasaki Badminton Club, Andre Marteen Tene [15]. Keempatnya akan mendapatkan tantangan dari 4 pemain nonunggulan, dimana 2 diantaranya adalah punggawa Pelatnas. 4 pemain nonunggulan itu adalah Jonatan Chistie (foto atas), Panji Akbar Sudrajat, Febriyan Irvannaldy dan Senatria Agus Setia Putra.

Partai menarik di nomor tunggal putra ini akan disuguhkan dari poll bawah, dimana dua punggawa Pelatnas yang tersisa akan sama-sama bertarung melawan mantan pemain Pelatnas. Jonatan Christie akan melawan Andre Marten Tene, sementara Panji Akbar Sudrajat akan bertarung melawan Febriyan Irvanaldy. Berikut adalah draw lengkap untuk pertandingan nomor tunggal putra kejuaraan Indonesia International Challenge 2013.

Alamsyah Yunus [INA/1] vs Robin Gonansa [SIN/7]

Nan Wei [HKG/4] vs Senatria Agus Setia Putra [INA]

Panji Akbar Sudrajat [INA] vs Febriyan Irvanaldy [INA]

Jonatan Christie [INA] vs Andre Marten Tene [INA]

Iklan