Marvin Gagal, Andrew Melaju

400609_658428657505790_1279682365_n

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia yang merupakan keturunan klan Mainaky, yaitu Marvin Mainaky (foto atas) gagal melangkah ke babak utama kejuaraan Indonesia International Challenge 2013 usai tumbang di babak pertama kualifikasi kemarin. Marvin yang sebenarnya diunggulkan ditempat keempat di babak kualifikasi itu secara mengejutkan langsung tumbang di tangan rekan satu klubnya dari SGS PLN Bandung, Kaesar Akbar dalam pertarungan dua gim langsung, 18-21, 18-21.

Usai menderita kekalahan ini, Marvin yang merupakan keponakan dari mantan pemain bulutangkis nasional, Rexy Mainaky itu mengungkapkan kekecewaannya di jejaring sosial Facebook. Ia mengungkapkan bahwa dalam pertandingan selama 28 menit itu, ia sebenarnya mencapai angka 11 lebih dulu. Namun usai interval, Kaesar dapat menyusul poin Marvin dan berhasil menang pertandingan. “11 duluan padahal,” begitu bunyi tweet kekecewaan Marvin di akun twitternya @Marvin_Mainaky.

Berbeda nasib dengan Marvin Mainaky itu, pemain tunggal putra lain yang juga merupakan keturunan dari mantan pemain bulutangkis nasional, yaitu Andrew Susanto justru berhasil melaju ke babak utama kejuaraan yang digelar di GOR Sudirman ini. Pemain yang merupakan putra dari pasangan Hermawan Susanto dan Sarwendah Kusumawardhani ini lolos ke babak utama usai memenangkan pertandingan dari pemain Thailand, Tongchai Hengvivatanachai dengan skor tipis 21-12, 18-21, 21-19 di babak pertama kualifikasi, dilanjutkan dengan kemenangan atas Pandu Dewantoro dengan skor kembar 21-15, 21-15 di babak Final Kualifikasi.

Dari dua pertandingan yang dilakoni oleh Andrew itu, pertandingan babak Final Kualifikasi antara ia dengan Pandu menjadi laga yang paling menarik menurut saya pada hari itu. Bagaimana tidak, diluar lapangan, ternyata Pandu adalah pelatih dari Andrew di Sarwendah Badminton Club, klub yang dimiliki oleh Keluarga Andrew. Entah takut tidak dibayar oleh Sarwendah yang merupakan Ibunda Andrew, Pandu yang seharusnya tahu titik lemah Andrew karena ia adalah pelatihnya, akhirnya memilih mengalah dan menyerahkan tiket babak utama kepada muridnya itu.

pandu ngalah

Di babak utama yang akan berlangsung pada hari ini, Andrew yang mungkin akan didampingi oleh Pandu sebagai pelatihnya nanti (foto atas), akan berjumpa dengan pemain asal PB Tangkas, Ari Januari. Pemenang antara pertandingan ini kemungkinan akan berjumpa dengan unggulan keenam, Sukamta Evert di babak kedua. Selain Andrew, kemarin ada 7 pemain tunggal putra lain yang lolos ke babak utama usai melakoni laga kualifikasi. 7 pemain lain yang lolos itu adalah Yogi Irvans Nuari, Andri Wijaya, Ahmadi Saman (Malaysia), Yoga Sidik, Vicky Angga Saputra, Rico Hamdani dan Hardianto.