Zhang Ning kembali!

Setelah cuti melahirkan selama kurang lebih 6 bulan mulai Desember tahun lalu, dua kali Juara Olimpiade, Zhang Ning akhirnya kembali ke Timnas Bulutangkis China untuk menjadi kepala pelatih di nomor tunggal putri disana. Beberapa hari yang lalu, ia menampakkan dirinya bersama para pemain dan pelatih Tim China saat berada di Bandara Liuting, Qingdao. Di Qingdao, Tim China saat ini sedang melaksanakan pelatihan intensif bagi para pemain untuk menghadapi Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzhou, Agustus mendatang.

Saat memutuskan cuti melahirkan sekitar enam bulan lalu, posisi Zhang Ning sebagai kepala pelatih tunggal putri China digantikan sementara oleh Tang Xinhua (Tong Sin Fu). Di bawah Tang Xinhua ini, tunggal putri China sempat kehilangan kedigdayaannya. Di 4 turnamen Superseries pertama musim 2013 ini, China tidak membawa satupun gelar. Bahkan di All England yang merupakan kejuaraan paling prestigius itu, China secara mengejutkan gagal menempatkan wakil di Empat Besar.

Mungkin karena melihat jeleknya performa tunggal putri China pada waktu itu, Tang Xinhua pun menarik Chen Jin yang baru saja pensiun (usia 27, muka Kakek kakek) sebagai asisten pelatih tunggal putri. Kesibukan Chen Jin sebagai pelatih baru diperlihatkan di Indonesia Open beberapa waktu lalu. Di Jakarta, selain terlihat memberikan arahan kepada para anak didiknya, Chen Jin ternyata juga sempat kepergok sedang merekam video pertandingan Carolina Marin vs Adrianti Firdasari (Firda kalah telak skor Afrika).

Ketika diwawancara mengenai hal ini, Chen Jin mengaku bahwa video itu dipergunakan olehnya sebagai bahan mengatur strategi bagi tunggal putri China. Setelah dilibatkannya Chen Jin dalam kepelatihan tunggal putri itu, China telah berhasil membawa pulang dua gelar Superseries di bulan Juni ini lewat Li Xuerui di Indonesia Open dan Wang Yihan di Singapore Open.

Dengan kembalinya Zhang Ning di kepelatihan Timnas China ini lagi, akankah ia bersama Tang Xinhua dan Chen Jin bisa membawa tunggal putri China lebih mengganas di kancah dunia bulutangkis? Kita nantikan saja hasilnya di Kejuaraan Dunia. Untuk bukti bahwa Zhang Ning telah kembali, berikut adalah foto Zhang Ning bersama beberapa wajah tenar skuad Bulutangkis China lain yang sedang melakukan latihan intensif di Qingdao.

Picture1i

922777_387892921321600_1249740696_n

Picture1

Picture1

Picture2

Picture3