(ASG 2013) Indonesia kumpulkan 14 Emas

1016372_548795461832822_1030097373_n

Di hari keenam penyelenggaraan kejuaraan ASEAN School Games 2013 kemarin, Kontingen Indonesia sudah mengumpulkan total 14 emas, 23 perak dan 17 perunggu. Meskipun total medali emas yang didapat Indonesia ini melaju deras dari Hari Rabu kemarin, namun lonjakan ini tidak berpengaruh pada posisi Indonesia di klasemen sementara perolehan medali ASEAN School Games 2013. Indonesia tetap berada di peringkat keempat, dibawah Vietnam, Malaysia dan Thailand.

Dari 14 emas yang telah dikumpulkan Kontingen Indonesia itu, para pelajar tanah air kemarin sudah menambahkan total 9 medali emas, yang disumbangkan dari tiga cabang olahraga, yaitu Renang, Pencak Silat dan Atletik. Renang berhasil menyumbang 3 emas, Pencak Silat menyumbangkan 5 emas, sementara Atletik menyumbang 1 emas. Berikut adalah daftar atlet yang berhasil menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia kemarin.

Renang (3 emas)

Monaliza (perorangan putri 200 meter gaya kupu)
Estafet putri 4 X 100 meter
Estafet putra 4 X 100 meter

Pencak silat (5 emas)

Marlina mengalahkan Nguyen Thi Phuring (Vietnam)
Yuni Apriza mengalahkan Noorsyazlin Elfira (Malaysia)
Bela Rihandita Adella mengalahkan Le Thi Nga (Vietnam)
Rindu Amelia mengalahkan Bui Thi Lan (Vietnam)
Muhammad Iradat Sanjaya mengalahkan Piyapong Champavannalath (Laos)

Atletik (1 emas)

Aprilia (1500 meter putri)

Di peringkat pertama klasemen sementara ASG, Vietnam yang berstatus Tuan Rumah sudah mengumpulkan 49 medali emas, 27 perak dan 20 perunggu. Raihan medali tuan rumah itu sudah meninggalkan Malaysia di peringkat kedua yang hanya mengumpulkan 23 emas, 28 perak dan 24 perunggu. Thailand yang merupakan Juara Umum pada tahun lalu kini masih bertengger di peringkat ketiga dengan total 20 emas, 26 perak dan 30 perunggu.

Dengan perolehan medali seperti saat ini, Indonesia sepertinya masih akan kesulitan untuk mencapai target yang dibebankan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, yaitu menjadi Runner Up di klasemen perolehan medali. Pasalnya, kejuaraan ini akan berakhir pada 30 Juni nanti, atau sekitar tiga hari lagi.

Indonesia lolos ke Final Cabor Favorit

Tim Putri Indonesia di cabang olahraga Bola Voli dan Bola Basket (foto atas) berhasil lolos ke babak Final di ASEAN School Games 2013. Para pelajar putri Indonesia ini berhasil lolos ke Final usai masing-masing menundukkan Filipina dan Malaysia. Voli Putri mengalahkan Filipina tiga set langsung 3-0, sementara Basket Putri menundukkan Malaysia dengan skor tipis 83-80.

Di babak Final yang akan dilaksanakan hari ini, Voli Putri Indonesia akan memperebutkan medali emas dengan tuan rumah Vietnam, sementara Basket Putri Indonesia akan bertarung melawan Thailand yang kemarin lolos ke Final usai mengalahkan Tim Singapura.