Angga ternyata sakit

angga cs h2 so13 1a

Penampilan buruk pasangan Ganda Putra Indonesia, Angga Pratama dan Ryan Agung Saputra di dua turnamen terakhir yang diikuti keduanya, yakni Indonesia Open dan Singapore Open ternyata disebabkan tidak primanya kondisi mereka, terutama Angga saat pertandingan pada waktu itu. Di kedua turnamen berlevel Superseries tersebut, pasangan Angga dan Ryan sama-sama gagal di babak pertama oleh pemain yang sebenarnya tidak diunggulkan.

Di Jakarta, pasangan peringkat 9 dunia ini kalah dari ganda Taipei, Lee Sheng Mu-Tsai Chia Hsin dua gim langsung 17-21, 16-21, sementara di Singapore, mereka kalah dari pasangan Thailand, Maneepong Jongjit-Nipitphon Puangpuapech lewat rubber game 14-21, 21-14, 19-21 (foto atas – tengok tangannya Angga deh, pegang apa dia coba).

Kekalahan yang tragis itu tentu mengecewakan bagi para pecinta bulutangkis yang sebenarnya berekspektasi besar pada pasangan muda Indonesia itu. Mereka mengharapkan hal yang besar pada pasangan ini karena mereka menorehkan catatan yang cukup menggembirakan di empat turnamen terakhir sebelum Indonesia Open. Mereka menjadi Juara di Australia Open dan New Zealand Open, Mencapai Semifinal di India Open dan ditutup dengan manis di Piala Sudirman ketika berhasil mengalahkan Juara Olimpiade, Cai Yun-Fu Haifeng di babak Perempat Final.

Banyak yang menganggap kekalahan di babak pertama Indonesia Open dan Singapore Open itu dikarenakan mereka terlalu percaya diri. Namun, Ryan yang dihubungi menolak pernyataan itu. “Kami bukan terlalu percaya diri setelah tampil pada Piala Sudirman,” begitu bantah Ryan mengomentari asumsi publik itu. Ryan beralasan bahwa kekalahan mereka di dua turnamen itu karena Angga sedang tidak sehat (alias sakit). Angga sudah tidak fit tiga hari sebelum turnamen. “Itu terjadi tiga hari sebelum pelaksanaan dimulai.”

Dia sebenarnya sudah bilang kepada pelatih mengenai masalah ini. Mereka ingin untuk istirahat terlebih dahulu dan absen dari dua turnamen yang seharusnya mereka ikuti. Namun karena berstatus tuan rumah, mereka pun terpaksa untuk bermain. “Tapi karena status tuan rumah, entar dibilang lagi dikit-dikit sakit. Akhirnya, kami paksa main saja,” begitu ucap Ryan menambahkan.

Sebagai partner yang baik, Ryan tidak menyalahkan Angga akan kekalahan ini. Rian menutup rangkaian wawancara dengan mengaku bahwa penampilan mereka belakangan memang sedang tak berada di puncak. “Pas lagi kalahan,” begitu pungkas Ryan. Semoga lekas sembuh Angga. Ciptakan All Indonesian Final ya dengan Ahsan-Hendra di Final Kejuaraan Dunia nanti…