Jillie Cooper Batal ke Guangzhou

Picture1a

Pebulutangkis Skotlandia yang turut membawa Tim Skotlandia menjuarai Level 2 Sudirman Cup 2013 bulan Mei lalu, Jillie Cooper memutuskan tidak akan mengikuti kejuaraan BWF World Championship 2013 di Guangzhou, 5-11 Agustus ini. Cooper memutuskan tidak berangkat ke Guangzhou karena saat ini sedang menjalani tahap pemulihan pasca operasi planar fascia yang dilakukannya pada pertengahan bulan ini.

Kabar ini didapat dari tweet yang dikeluarkan oleh Cooper lewat akun twitternya, @Jillie Cooper pada 25 Juni kemarin (foto atas). Selama tahap pemulihan ini, ia menuturkan dalam tweetnya itu tidak akan diturunkan di turnamen apapun. Rencananya, ia akan kembali mengayunkan raket pada musim 2014 mendatang. Di tahun itu, ia menargetkan untuk bisa tampil di Commonwealth Games 2014 yang akan digelar di Glasgow, Scotland.

Di Kejuaraan Dunia, Cooper sebenarnya lolos di dua nomor, yakni ganda putri dan ganda campuran. Di Ganda putri, Cooper berpasangan dengan Kirsty Gilmour dan di ganda campuran, ia berpasangan dengan Robert Blair. Dengan tidak hadirnya Cooper di Guangzhou, bukan berarti Scotlandia tidak memiliki wakil di nomor ganda.

Di Ganda Putri misalnya, peraih medali perak Ganda Campuran Kejuaraan Dunia 2011, Imogen Bankier dinyatakan lolos ke Guangzhou. Ia berpasangan dengan pemain Bulgaria, Petya Nedhelceva dan menurut berita yang beredar, mereka memastikan diri akan berlaga di Kejuaraan Dunia 2013 ini. Sementara untuk nomor ganda campuran, belum bisa dipastikan apakah Scotland akan mengirimkan wakilnya karena dari daftar pemain yang lolos Kualifikasi Kejuaraan Dunia, tak ada pasangan cadangan pengganti untuk Robert Blair dan Jillie Cooper.

Commonwealth Games 2014

Ajang multievent negara-negara persemakmuran Inggris, Commonwealth Games akan digelar tahun depan di Glasgow. Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan di ajang tersebut. Di situs resmi turnamen, Bulutangkis akan dipertandingkan selama 11 hari dengan memperebutkan total 6 medali emas (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda campuran, beregu campuran).

Menjadi tuan rumah, Scotland tentu menyimpan asa untuk bisa meraih medali emas di ajang itu setelah dalam keikutsertaannya di turnamen ini, Scotland hanya berhasil meraih satu medali emas di Bulutangkis, itupun didapatkan oleh Scotland pada tahun 1986 lalu. Oleh karena itu, atlet-atlet Scotland seperti Imogen Bankier, Jillie Cooper dan Robert Blair ini kini sedang fokus untuk berhasil meraih medali emas di ajang ini karena sang Juara tentu akan mendapatkan hadiah yang luar biasa.