Jonathan Christie masuk Tim ASG

644134_285714531532545_964092458_n

Usai berakhirnya Kejuaraan Singapore Open Superseries 2013 kemarin, para pemain senior Pelatnas utamanya yang lolos kualifikasi Kejuaraan Dunia 2013 dikurung di Cipayung. Mereka akan mengikuti latihan intensif yang diberikan pelatihnya agar bisa tampil maksimal di Guangzhou, 5-11 Agustus mendatang (Lebaran disana). Disaat para pemain senior Indonesia itu dikurung untuk latihan intensif, para pemain junior yang sudah sebulan dipendam akan menunjukkan taringnya pada beberapa turnamen mulai akhir bulan ini.

Turnamen pertama yang akan diikuti oleh pemain junior Indonesia adalah ASEAN School Games (ASG) yang mulai digelar 22-30 Juni ini. Pesta Olahraga Para Pelajar se-Asia Tenggara ini digelar di Hanoi, Vietnam. Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang multievent itu selain Track & Field, Basket, Senam, Renang, Tenis Meja, Voli, Sepak Takraw dan Pencak Silat.

Bulutangkis seperti biasa akan mempertandingkan nomor beregu dan individual. Dari informasi di situs http://asg2013.edu.net.vn/, Bulutangkis akan memperebutkan 7 medali emas, yakni dari nomor tunggal, ganda dan beregu putra, tunggal, ganda dan beregu putri serta ganda campuran. Tim Indonesia yang akan berlaga di kejuaraan itu sudah berangkat pada Jumat lalu.

Salah satu anggota Tim Indonesia yang berangkat ke Hanoi itu adalah Jonathan Christie. Punggawa Pelatnas Cipayung itu sempat membuat tweet mengenai keberangkatannya itu pada hari Jumat lalu lewat akun twitter resminya @jonatan979. “Otw airport,” begitu bunyi tweet singkat Jonathan. Jejaka yang masih duduk di bangku SMA ini (foto atas) tidak berangkat sendiri. Ia berangkat bersama 13 pemain junior lain, yaitu sebagai berikut (dikutip dari Flower).

MS : Jonathan Christie, Firman Abdul Kholiq, Eska Rivan Jaya

WS : Arinda Sari Sinaga, Berliyan Sudrajat, Afni Fadhillah

MD : Aldo Abdillah Harsono, Muhammad Alfian Firsada Terna Sangaji, Ricky Alverino Sidharta, Hantoro

WD : Desaula Gendy, Clara Titi Wear Kudammasa, Tri Okta Selina, Monica Intan Tuti Harta

Untuk pemain ganda campuran, kemungkinan akan diturunkan kombinasi pasangan dari ganda putra dan ganda putri, seperti Aldo Abdillah Harsono yang bisa jadi menggandeng Desaula Gendy, Muhammad Alfian Firsada Terna Sangaji dengan Clara Titi Wear Kudammasa atau Ricky Alverino Sidharta dengan Tri Okta Selina. Kita tunggu saja nanti.

Picture2

Usai mengikuti ASG, tour para Junior Indonesia dilanjutkan di dua lokasi, yakni di Indonesia dan Malaysia pada awal bulan Juli. Di Indonesia (tepatnya di GOR Sudirman Surabaya), diselenggarakan event Prim-A Indonesia International Challenege 2013 pada 2-7 Juli. IIC sendiri sebenarnya bukan event junior, tapi kebanyakan para peserta yang sudah mendaftar turnamen ini berasal dari kalangan junior, termasuk didalamnya ada nama Jonathan Christie (foto atas).

Hampir bersamaan dengan turnamen IIC itu, pada 7-14 Juli di Malaysia (tepatnya di Likas, Sabah), para junior Indonesia akan mengikuti turnamen Badminton Asia Youth U-19 Championship 2013, dimana para pemain junior yang akan tampil akan memperebutkan titel Juara Asia Junior. Tahun lalu, Indonesia meraih satu gelar lewat ganda putra Edi Subaktiar-Arya Maulana Aldiartama.

Skuad Indonesia untuk Badminton Asia Youth U-19 Championship ini sudah diumumkan oleh PBSI beberapa waktu lalu. Beberapa kejutan terjadi dimana pemain jangkung yang merupakan spesialis ganda putra, Rafiddias Akhdan Nugroho akan bermain di nomor ganda campuran, dan pasangannya ternyata mengejutkan, yaitu Setyana Daniella Florensia Mapasa yang dulu sempat berkibar sebagai Pemain single. Selain itu, kejutan juga ada di tunggal putri dimana nama Fitriani masuk ke jajaran skuad yang akan tanding di turnamen itu. Berikut adalah skuad lengkap Badminton Asia Youth U-19 Championship 2013.

MS : Ihsan Maulana Mustofa, Fikri Ihsandi Hadmadi, Muhammad Bayu Pangisthu, Anthony Sinisuka Ginting

WS : Hanna Ramadhini, Ruselli Hartawan, Fitriani, Intan Dwi Jayanti

MD : Kevin Sanjaya Sukamulyo-Arya Maulana, Yantoni Edy Saputra-Arsya Isnanu Ardiputra, Rian Swastedian-Fajar Alfian

WD : Rosyita Eka Putri Sari-Setyana Mapasa, Khasanah Uswatun-Masita Mahmudin, Febriani Endar Kusumawati, Della Augustia Surya

XD : Raffidias Akhdan Nugroho-Setyana Mapasa, Rian Swastedian-Masita Mahmudin, Fajar Alfian-Febriani Endar Kusumawati, Arsya Isnanu Ardiputra-Della Augustia Surya

Iklan