Indonesia tempatkan 3 wakil di Final

tomy sf 7a so13

Indonesia berhasil menempatkan 3 wakil di babak Final kejuaraan bulutangkis Singapore Open Superseries 2013 di tiga nomor, yakni tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran, masing-masing lewat Tommy Sugiarto, Muhammad Ahsan-Hendra Setiawan dan Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir. Tiga wakil itu lolos meninggalkan 4 wakil Indonesia lain yang harus gugur di babak Semifinal kemarin.

Pebulutangkis tunggal putra Tommy Sugiarto mengawali perjuangan para pebulutangkis Indonesia. Tampil di TV Court, Tommy berhasil mengalahkan pemain Vietnam, Nguyen Tien Minh lewat pertandingan sengit sepanjang 1 jam 13 menit dengan skor akhir 20-22, 21-19, 21-15. Pertandingan berjalan sangat alot, pasalnya kedua pemain sempat beberapa kali juga melakukan protes atas keputusan hakim garis yang dikira tidak menguntungkan mereka (foto atas).

Kemenangan atas Tien Minh ini sekaligus mengantarkan Tommy ke Final Superseries pertama. Tommy mengaku sangat senang. “Saya senang sekali bisa lolos ke final superseries, apalagi ini kejuaraan besar, rasanya surprise juga. Ini adalah final superseries pertama saya,” begitu ujar Tommy dikutip dari Badminton Indonesia. Di Final, Tommy akan menantang juara bertahan asal Thailand, Boonsak Ponsana yang mengalahkan Takuma Ueda 21-9, 21-15 di pertandingan semifinal lain.

Langkah Tommy yang lolos ke Final tidak diikuti oleh wakil tunggal putri Indonesia, Lindaweni Fanetri yang dihentikan langkahnya oleh peraih medali perak Olimpiade London, Wang Yihan. Wang Yihan yang dikalahkan Linda di babak pertama All England 2013 lalu membalas dendamnya di kejuaraan kali ini. Wang berhasil menghentikan Linda lewat rubber game ketat 20-22, 21-17, 21-18.

Linda mengaku sudah tampil maksimal dalam pertandingan kali ini, namun menurutnya penampilan Yihan memang berbeda dari sebelumnya. “Hari ini dia bermain lebih safe, jarang mati-mati sendiri. Yihan juga lebih sabar dalam melancarkan serangan,” begitu jelas Linda usai pertandingan. Kemenangan Yihan atas Linda ini memastikan China akan membawa satu gelar Juara dari Singapore Open ini karena lawan yang akan dihadapinya di Final besok adalah kompatriotnya, Li Xuerui.

Ulangan Final Indonesia Open

ahsn cs sf 7a so13

Final Ganda Putra Singapore Open Superseries 2013 akan menjadi ulangan Final kejuaraan Indonesia Open pekan lalu, dimana pasangan Indonesia Muhammad Ahsan-Hendra Setiawan akan berjumpa dengan Unggulan pertama, Ko Sung Hyun-Lee Yong dae. Ahsan-Hendra berhasil meraih tiket Final usai menundukkan Juara Olimpiade, Cai Yun-Fu Haifeng dua gim langsung, 21-16, 21-14 (foto atas) sementara Ko-Lee mengalahkan rekan senegaranya, Shin Baek Cheol-Yoo Yeon Seong dengan skor 21-15, 21-19 di babak semifinal lain.

Pertemuan ini adalah pertemuan ketiga dari kedua pasangan. Sebelum di Final Indonesia Open pekan lalu, kedua pasangan telah berjumpa di Final Malaysia Open 2013. Kedua pertemuan sebelumnya itu dimenangkan oleh Muhammad Ahsan dan Hendra Setiawan dua gim langsung dan untuk Final kali ini, sepertinya Ahsan dan Hendra akan kembali mengulangnya.

Indonesia masih menyimpan harapan untuk meraih gelar lain di nomor ganda campuran, dimana Juara All England dan Juara Singapore Open 2011, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir kembali menginjakkan kaki di babak Final. Mereka meraih tiket partai puncak usai menundukkan pasangan Praveen Jordan-Vita Marissa lewat rubber game ketat 21-11, 16-21, 21-18. Di Final, pasangan peringkat 3 dunia ini akan berjumpa dengan pasangan baru Korea, Yoo Yeon Seong-Eom Hye Won. Berikut adalah line up Final Singapore Open Superseries 2013.

😄 : Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir (Indonesia) vs Yoo Yeon Seong-Eom Hye Won (Korea)

WS : Li Xuerui (China) vs Wang Yihan (China)

MS : Tommy Sugiarto (Indonesia) vs Boonsak Ponsana (Thailand)

WD : Tian Qing-Zhao Yunlei (China) vs Misaki Matsutomo-Ayaka Takahashi (Jepang)

MD : Ko Sung Hyun-Lee Yong dae (Korea) vs Muhammad Ahsan-Hendra Setiawan (Indonesia)