Tien Minh pilih Kawasaki

1017609_638181509526374_1937646746_n

Kucuran dana yang melimpah dari perhelatan akbar Indian Badminton League (IBL) 2013 yang akan digelar 14-31 Agustus mendatang ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para pebulutangkis luar negeri yang berencana tampil di turnamen ini, termasuk didalamnya ada nama Nguyen Tien Minh dari Vietnam. Bagaimana tidak, diluar total hadiah turnamen sebanyak 1 juta Dollar, para pemain asing yang mengikuti kejuaraan ini pun dilelang dengan total biaya yang fantastis.

Dari informasi yang duaribuan terima, pemain berperingkat 1-5 yang akan tampil dipastikan akan mendapatkan dana minimum US $ 50.000, pemain berperingkat 6-12 minimal mendapatkan US $ 25.000 dan US $ 20.000 untuk pemain di peringkat 13-20. Sebagai pemain berperingkat 10 dunia, Nguyen yang berencana ikut dipastikan mendapatkan dana segar sebesar US$ 25.000.

Namun, saat hendak mengikuti kejuaraan ini, ada sedikit masalah yang menimpa veteran asal Vietnam ini. Sponsor lamanya, YONEX tidak mengijinkan Nguyen untuk tampil di IBL. Sempat bernegosiasi namun tidak menemui titik temu, Nguyen pun akhirnya memutuskan untuk meninggalkan sponsor yang telah lama menaunginya itu walaupun YONEX berencana menaikkan nilai kontraknya menjadi US $ 3.000 per bulan.

Nguyen pun berpindah sponsor dengan memilih Kawasaki (foto atas). Ia telah memakai semua produk perusahaan olahraga itu mulai awal bulan ini. Ia telah menandatangani kontrak dengan Kawasaki selama 3 tahun dengan total biaya yang dirahasiakan. Dengan Bersponsor bersama Kawasaki, Tien Minh bebas berlatih di Kawasaki Badminton Club yang dilatih oleh Li Mao kapan saja. Selain dengan Kawasaki, Tien Minh juga mendapatkan dana sponsor lain dari Becamex, salah satu perusahaan Vietnam apabila dapat mempertahankan peringkatnya.

Saat ini, pemain veteran berusia 30 tahun ini memang sedang mengincar banyak uang karena ia berencana pensiun. Berdasarkan informasi yang duaribuan dapatkan, Nguyen Tien Minh bakal gantung raket usai kontraknya bersama Kawasaki ini berakhir, yakni sekitar 3 tahun lagi atau pada tahun 2016 (usai Olimpiade Rio mungkin).