Taipei pastikan Juara Grup 1C

936302_467797096633563_1139564565_n

Tim yang dianggap paling lemah di Grup 1C, yakni Chinese Taipei ternyata mampu keluar sebagai Juara Grup lebih dulu dibanding grup-grup lain karena usai melumat tuan rumah Malaysia dengan skor 3-2 pada hari Minggu lalu, malam tadi Tim yang dipunggawai oleh Tai Tzu Ying (foto atas bersama Karin Schanaase) ini berhasil menang telak 5-0 atas Tim Juara Eropa, Jerman di laga lanjutan penyisihan grup 1C Piala Sudirman 2013.

Dengan kepastian lolosnya Taipei sebagai Juara Grup ini, dua tim lain yang tergabung di Grup 1C, yakni Jerman dan Malaysia akan melakoni laga hidup mati untuk memperebutkan satu tiket sisa babak Perempat Final sebagai Runner Up pada Hari Selasa ini. Namun, pertandingan antara Jerman melawan Malaysia ini diprediksi banyak media akan dimenangkan oleh tuan rumah, pasalnya Jerman tidak membawa serta dua pemain tunggal andalannya, yakni Juliane Schenk dan Marc Zwiebler yang juga menjadi penyebab kekalahan telak 0-5 Jerman atas Taipei malam tadi.

Melawan Taipei, Jerman menurunkan Karin Schnaase dan Dieter Domke masing-masing untuk menggantikan tempat Schenk dan Zwiebler. Schenk tidak bisa memperkuat tim Jerman karena sedang mengalami cedera, sementara Zwiebler mengaku sedang ada kepentingan keluarga yang tidak bisa ditunda. Alhasil, dua nomor yang diprediksi bisa diambil oleh Jerman itu justru terbang ke tangan Taipei. Berikut adalah hasil lengkap pertandingan antara Jerman melawan Taipei.

😄 : Yao Lu Ching/Wen Lai Chia [TPE] beat Michael Fuchs/Birgit Michels [GER] 13-21, 22-20, 23-21

MS : Hsuan Yi Hsueh [TPE] beat Dieter Domke [GER] 22-20, 21-14

MD : Lee Sheng Mu/Hsin Tsai Chia [TPE] beat Ingo Kindervater/Johannes Schottler [GER] 21-18, 21-7

WS : Tai Tzu Ying [TPE] beat Karin Schnaase [GER] 21-15, 23-21

WD : Cheng Wen Hsing/Hsieh Pei Chen [TPE] beat Birgit Michels/Johanna Golsizewski [GER] 13-21, 21-15, 21-19

Selain Taipei, ada 6 tim lain yang juga sudah memastikan diri lolos ke babak Perempat Final Piala Sudirman 2013, yakni China, Indonesia, Thailand, Korea, Denmark dan Jepang. Namun berbeda dengan Taipei yang sudah menjadi Juara Grup dan tinggal menunggu Knockout Draw malam ini, keenam negara lain itu masih harus berjibaku lagi pada partai penyisihan Grup terakhir hari ini untuk menentukan posisi Juara Grup.

Di sesi siang (pukul 12.00 waktu Malaysia), China akan menghadapi Indonesia dan Denmark akan menghadapi Jepang masing-masing untuk menentukan Juara di Grup 1A dan Grup 1D. Untuk sesi malam yang akan dimulai pada pukul 18.00 waktu Malaysia, Unggulan keempat Thailand akan berjibaku dengan Korea di Court 2 untuk memperebutkan Juara Grup 1B. Di sesi malam, ada pertandingan lain yakni Jerman melawan Malaysia yang bukan menentukan Juara Grup, tetapi menentukan tiket sisa menuju Perempat Final (Juara Grup itu Taipei tadi).

Selalu Mencari Kabar

Tidak bisa memperkuat Tim Jerman di ajang Piala Sudirman sedikit membuat Marc Zwiebler gregetan bagaimana penampilan timnya itu. Untuk mencari kabar agar tidak penasaran, Zwiebler pun selalu memegang gadget untuk mengupdate informasi terbaru dari Kuala Lumpur. Ia mengatakan bahwa ia terus memencet gadgetnya untuk bisa mendapatkan gambar situasi terkini di sana. “Saya terus-menerus kontak dengan teman-teman untuk mendapatkan SMS dan gambar situasi terkini. Saya terus menekan kedua jempol saya dari sini dan mendukung mereka secara moral,” begitu kata Zwiebler dikutip dari Badzine.

Kekalahan telak tim Jerman dari Taipei di laga pertama mereka pada Piala Sudirman 2013 ini tentu menjadi hasil yang tidak diharapkan. Mereka kini harus melakoni laga lebih berat lagi melawan Malaysia hari Selasa ini. Namun, mereka tetap optimis bisa mencuri beberapa poin, apalagi Malaysia kini berada di titik bawah dalam hal kepercayadirian usai tumbang dari Taipei 2-3 Hari Minggu lalu.

20130520-1901-sudirman2013_ssc0065

Optimisme itu diungkapkan oleh pemain ganda campuran Jerman, Michael Fuchs (foto atas bersama Birgit Michels) yang diwawancara oleh Badzine usai melakoni pertandingan. “Pertandingan besok melawan Malaysia akan menjadi pertandingan yang berat. Malaysia memiliki tiga nomor yang kuat – tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran – tapi kami bisa yakin menang di tunggal putri. Kami tidak ada tekanan karena kami bermain menghadapi tim tuan rumah. Mereka harus menang, kami cuma harus enjoy,” ucap Fuchs memaparkan pertandingan melawan Malaysia malam ini. “Ini akan bagus kalau kami bisa menang. Jika mereka kalah, kepala mereka harus dipotong,” sambung Fuchs sambil tertawa.

Dalam partai antara Jerman melawan Malaysia ini, tuan rumah memang memiliki kans besar meraih angka di tiga nomor yang telah disebutkan Fuchs, sementara di dua nomor sisa, yakni tunggal dan ganda putri, pemain Jerman menurut saya memiliki permainan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Malaysia (buktinya skor Schanasse sama Birgit-Johanna waktu lawan Taipei gak jelek-jelek amat – Sonia aja telak ama Tai Tzu Ying). Tinggal mencuri satu nomor lagi bagi Jerman agar memetik kemenangan.

Dari tiga nomor itu, nomor yang paling bisa dicuri angkanya oleh Jerman adalah ganda putra, karena pasangan mereka kini, yakni Johannes Schoettler-Ingo Kindervater ini pernah mengalahkan Ko Sung Hyun-Lee Yong dae (tidak diragukan) dan Lawan yang akan dihadapi Kindervater dan Schoettler malam ini pun bukan pasangan terbaik Malaysia, yakni Koo-Tan (karena mereka kalah waktu lawan Taipei). Jadi, ada kans menang lah dari Jerman.. Dukung Jerman lolos ke Kuarterfinal!!