Usai Piala Sudirman, Malaysia incar Piala Dunia 2034

bukit-jalil-national-stadium-4

Ekspansi Malaysia untuk bisa menjadi tuan rumah kejuaraan olahraga berlanjut dari Piala beregu bulutangkis, Sudirman Cup ke Piala Dunia sepakbola. Kemarin, Malaysia mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2034. Tapi menurut Malaysia, bidding itu bukan diatasnamakan Malaysia sendiri. Negeri Jiran itu mengungkapkan bahwa bidding itu atas nama ASEAN.

Dalam bidding ini, Malaysia bertindak sebagai ketua ASEAN (Kalo kepilih, udah dipastikan Finalnya di Bukit Jalil). Menurut Wakil Presiden Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM), Tengku Abdullah Sultan Ahmad Shah menyebutkan pada tahun 2034 adalah waktu yang tepat buat negara Asia Tenggara khususnya Malaysia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Namun, Tengku Abdullah kembali mengingatkan hal paling utama mengenai Piala Dunia ini bukan masalah infrastruktur dan kehadiran penonton saja. “Hal paling utama Malaysia perlu memiliki sebuah tim nasional yang mantap,” begitu katanya dalam konferensi pers setelah Dewan Peluncuran dan Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Piala Asean FAM-Frenz B-15 2013 kemarin.

Untuk segi fasilitas, Tengku Abdullah sendiri mengungkapkan bahwa Malaysia sudah layak menggelar Piala Dunia seperti yang sudah dilakukan pada Piala Dunia Remaja 1997, tetapi masalah utama yang dihadapi Negeri Jiran itu karena mereka belum punya tim nasional yang mantap. “Itu adalah pelajaran buat kita, kita harus membangun tim kuat karena ini adalah agenda nasional,” tambahnya.

Tuan Rumah Bersama

Untuk pencalonan sendiri, Tengku Abdullah membayangkan pada 2034, Malaysia mampu menjadi tuan rumah Piala Dunia bersama sebuah negara Asia Tenggara lain (mungkin Indonesia – red) seperti yang penah dilakukan Jepang-Korea Selatan pada 2002. Ditanya tentang proses awal ke arah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, Tengku Abdullah menjelaskan negara anggota ASEAN dan anggota gabungan Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) akan mengadakan pertemuan pertama pada 19 Juni nanti.

Jika Malaysia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, Bagaimana pendapat anda?