Saina tak jadi ke Kuala Lumpur

saina-nehwal-16-ind-st-sudirmancup2011

Kabar mengejutkan datang dari Tim Sudirman Cup India, dimana andalannya di nomor tunggal putri, Saina Nehwal dikabarkan batal berangkat ke Kuala Lumpur. Informasi ini datang dari situs Times of India. Saina tidak jadi berangkat karena Cedera jari kelingking (kaki) yang dialami Saina sebelum tampil di India Open ternyata kondisinya memburuk.

Cedera ini dialaminya karena ia tidak sengaja menendang pintu. “Beberapa hari sebelum kejuaraan India Open, Saya tidak sengaja menendang pintu. Saya tidak menyangka ini bisa meretakkan jari kaki saya sehingga saya tetap bertanding di India Open. Saya baru bertemu dokter setelah turnamen itu. Seandainya aku bertemu dengannya sebelum turnamen tersebut mungkin saya tidak akan mundur,” begitu kira-kira terjemahan omongan Saina pada Times of India.

Mundur dari kejuaraan beregu campuran paling bergengsi ini merupakan keputusan sulit bagi Saina. “Ini (mundur dari Piala Sudirman) merupakan keputusan yang sulit. Namun karena kondisi seperti ini, maka tim menyarankan sebaiknya saya mundur saja,” begitu kata Saina yang mengaku menyesal karena terlambat berkonsultasi dengan dokter.

Ia berharap dengan absennya di kejuaraan ini, cedera yang dialaminya bisa cepat pulih sehingga ia bisa tampil baik di tiga turnamen yang akan dijalaninya pada bulan Juni, yakni Thailand Open, Indonesia Open dan Singapore Open. “Semoga bisa pulih untuk bisa tampil di turnamen berikutnya yang akan digelar bulan depan, yaitu Thailand GPG, Indonesia SSP, dan di Singapore SS,” tambah Saina dikutip dari Times of India.

Kecewa dengan penarikan tak terelakkan dari Saina, kepala pelatih Pullela Gopichand mengatakan bahwa mereka akan memaksimal para pemain yang ada untuk tampil di Piala Sudirman. “Hal ini sangat mengecewakan. Saina adalah pemain penting bagi kami dan kami sangat membutuhkannya pada turnamen penting seperti Piala Sudirman kali ini. Tapi kita tidak bisa mengambil risiko cedera yang lebih parah,” begitu ujar Gopichand mengomentari mundurnya peraih medali perunggu Olimpiade London itu.

Dengan mundurnya Saina, India dipastikan hanya akan mengandalkan Jawara Malaysia Open GP Gold, PV Sindhu di kejuaraan Piala Sudirman 2013 mendatang. Ini dikarenakan India tidak bisa memasukkan nama baru lagi mengingat batas akhir pengiriman nama pemain adalah 6 Mei lalu. “Sindhu akan menjadi pemain utama dan kami berharap ia bisa melakukan yang terbaik di turnamen ini,” tambah pria yang pernah menjadi Juara All England pada tahun 2001 itu. (Sportif banget ini, jangan kayak Malaysia yang tiba-tiba memunculkan Sonia Su Ya Ceach di Axiata).

