Fu Mingtian banting setir

shbad04

Peraih medali emas tunggal putri SEA Games 2011, Fu Mingtian (foto atas) awal tahun ini membuat keputusan yang mengejutkan. Ia memutuskan untuk banting setir dari nomor tunggal untuk bermain di nomor ganda. Keputusan itu berarti perempuan berusia 22 tahun itu tidak akan mempertahankan medali emas SEA Games nya di Myanmar akhir tahun ini.

Fu pernah mencatatkan prestasi yang bagus di nomor ganda ketika bermain di level junior. Pada turnamen BWF World Junior Championship 2008, ia berhasil meraih gelar Juara dunia bersama Lei Yao, padahal saat itu keduanya adalah underdog. Di babak Final kala itu, Fu Mingtian-Lei Yao mengalahkan pasangan China, Xie Jing-Zhong Qianxin dua gim langsung, 21-19, 21-17.

Menginjak level senior, Fu Mingtian lalu turut juga bermain di nomor tunggal dan kesuksesan pun diraihnya cukup cepat di nomor ini. Ia berhasil menjuarai turnamen Vietnam Open GP 2011 dan berujung di SEA Games pada akhir tahun. Namun ada perasaan aneh yang menghinggapi Fu usai SEA Games saat itu. Ia merasa tidak bermain baik lagi setelahnya.

“Setelah SEA Games 2011, saya merasa tidak bermain baik dan itu mempengaruhi kepercayadirian saya. Lalu aku mulai berpikir ganda lebih menyenangkan dan saya pun membuat keputusan ini setelah berkonsultasi dengan pelatih dan ofisial,” begitu ucap Fu Mingtian dikutip dari Asiaone.

Untuk masalah mempertahankan medali emas SEA Games, Fu Mingtian akan mencobanya di nomor ganda pada SEA Games 2013 Desember mendatang. “Saya akan mencoba untuk memenuhi syarat bermain di nomor ganda dan jika masuk, saya akan melakukan yang terbaik di turnamen tahun ini,” tambah Fu Mingtian.

Yoo lakukan rombakan besar

Twice Olympic silver medalist, Yoo Yong Sung mulai awal tahun 2013 ini direkrut oleh Asosiasi Bulutangkis Singapura menjadi pelatih nomor ganda di Timnas Bulutangkis Singapura. Ia menggantikan posisi Eng Hian yang kembali ke Indonesia. Dari informasi di situs Badzine, Yoo dikontrak oleh Asosiasi selama 2 tahun. Sejak kepindahannya ke Singapura, ia melakukan rombakan besar-besaran kepada seluruh pemain ganda, termasuk didalamnya ada nama Fu Mingtian.

Duet Juara Singapore Open 2010, Shinta Mulia Sari-Lei Yao dipecah. Shinta dipasangkan dengan Fu Mingtian sementara Lei Yao dipasangkan dengan Yu Yan Vanessa Neo. Para pemain itu juga disuruh untuk bermain rangkap di nomor ganda campuran. Fu bermain dengan Terry He, Shinta Mulia Sari dengan Zhao Jiang Terry Yeo, Lei Yao dengan Liu Yi (ngajak rubber Rijal-Debby di Axiata) dan Yu Yan Vanessa Neo yang tetap berpasangan Danny Bawa Chrisnanta.

Beberapa duet baru Singapura ini ternyata menjanjikan. Sebut saja pasangan Yu Yan Vanessa Neo-Lei Yao yang masuk Semifinal Malaysia Open GP Gold 2013 lalu dan pasangan Fu Mingtian-Shinta Mulia Sari yang masuk ke babak Perempat Final di turnamen yang sama. Kombinasi ganda-ganda Singapura ini rencananya bakal diturunkan Yoo di kejuaraan Li Ning Singapore Open Superseries 2013 pada 18-23 Juni mendatang.