India fokus bangun nomor Ganda

url

Kejuaraan Piala Sudirman tahun 2013 ini menjadi turnamen yang sangat berat bagi Tim India, pasalnya tim yang dilatih oleh Mantan Juara All England, Puelela Gopichand itu harus berhadapan dengan dua tim yang kuat di Grup 1A, yakni Indonesia dan China. Gopichand mengakui bahwa titik lemah dari Tim nya saat ini ada di nomor ganda. Oleh karena itu, ia akan fokus membangun nomor Ganda kedepannya.

Menurut Gopichand, rencana awal yang akan dilakukan Tim India untuk membangun nomor ganda itu adalah dengan menghasilkan para pelatih spesialis ganda untuk melatih para pemain India. “Kita perlu memiliki beberapa pelatih spesialis ganda. Saat ini pelatih kami kebanyakan dari luar negeri seperti Indonesia. Kami perlu pelatih sendiri yang sesuai dengan standar dunia,” begitu ujar Gopichand dikutip dari situs berita The Hindu.

Selain rencana soal kepelatihan itu, Gopichand bersama pihak Asosiasi Bulutangkis India kini punya rencana lain untuk membangun nomor Ganda di India. Mereka akan membuat sebuah turnamen khusus nomor ganda dengan tujuan untuk mempromosikan nomor ini kepada para pemain muda di India. Turnamen ini akan mempertandingan nomor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Dengan digelarnya turnamen ini, Gopichand berharap para pemain bisa merasakan atmosfer bertanding dalam suasana kompetisi. “Ini akan membantu pemain untuk tampil baik sekaligus pelatih dapat menguji anak didiknya dalam suasana kompetisi,” begitu kira-kira hasil terjemahan wawancara Gopichand dengan The Hindu.

Saina masih cedera, India mungkin turunkan Shindu

Megastar bulutangkis India, Saina Nehwal dikabarkan masih dibekap cedera ringan yang dialaminya di kejuaraan India Open pada akhir bulan lalu. Kabar ini didapat dari situs Times of India, dimana Saina kemungkinan hanya akan tampil beberapa kali saja jika dibutuhkan. Selebihnya, nama Shindu PV kemungkinan besar yang menggantikan Saina untuk turun di nomor tunggal putri ini. Untuk kejuaraan Sudirman Cup 2013, India hanya mengirimkan 2 pemain tunggal putri saja, yakni Saina Nehwal dan PV Shindu. Berikut adalah daftar skuad Tim India untuk kejuaraan Sudirman Cup 2013.

Putra : P. Kashyap, Anand Pawar, Akshay Dewalkar, Pranav Chopra Jerry, K. Tarun dan Arun Vishnu

Putri : Saina Nehwal, P.V. Sindhu. Ashwini Ponnappa, Pradnya Gadra, Aparna Balan dan Sikki Reddy