Kido-Pia tolak undangan Kejuaraan Dunia

Picture1

Pasangan ganda campuran Indonesia peringkat 10 dunia, Markis Kido-Pia Zebadiah Bernadet menolak undangan dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) untuk mengikuti kejuaraan Dunia 2013. Dengan ditolaknya undangan dari BWF ini, posisi Pia dan Kido kemungkinan besar akan digantikan oleh pasangan Fran Kurniawan-Shendy Puspa Irawati (foto atas). Jika Fran-Shendy terpilih, keduanya akan menyusul 2 ganda Pelatnas lain, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal-Debby Susanto ke Guangzhou.

Penolakan tiket di ganda campuran ini kemungkinan besar dikarenakan keduanya akan fokus masing-masing di nomor ganda putra dan ganda putri. Di nomor ganda putra, Kido yang berpasangan dengan Alvent memastikan diri akan tampil di Guangzhou. Kepastian ini didapat rilis BWF kemarin (mungkin Alvent mau pensiun, jadi pengen tampil terakhir di World Championship). Duet Kido-Alvent ini menjadi wakil ketiga Indonesia di nomor ganda putra setelah pasangan Angga Pratama-Ryan Agung Saputra dan Hendra Setiawan-Muhammad Ahsan.

Untuk ganda putri, Pia akan tampil di Guangzhou bersama Rizky Amelia Pradipta. Keduanya mendapatkan slot unggulan 10 (untuk World Championship ada 16 unggulan). Di bawah Pia-Rizky, BWF merilis 2 pasangan, yakni Anneke Feinya Agustin-Nita Krishinda Maheswari dan Gebby Ristiyani Imawan-Nuraidah Tiara Rosalia untuk menjadi wakil Ganda Putri kedua dan ketiga Indonesia. Namun mengingat duet Nitya dan Anneke ini sudah dipecah beberapa hari yang lalu, kita belum bisa memastikan siapa yang akan menggantikan tempat Anneke-Nitya ini.

Linda tempati unggulan 15

Pebulutangkis Juara India Open GP Gold 2012, Lindaweni Fanetri mendapatkan slot unggulan 15 di Kejuaraan Dunia Guangzhou 2013 mendatang. Posisi unggulan 15 yang diterima Linda ini sama dengan posisi yang didapat si perunggu Beijing, Maria Kristin Yulianti di Kejuaraan Dunia 2007 di Kuala Lumpur. Saat Kejuaraan Dunia kala itu, Maria gagal di babak 16 besar. Ia kalah dari unggulan pertama, Zhang Ning dua gim telak 10-21, 9-21.

Kekalahan Maria itu menjadi awal dari titik balik karirnya. Beberapa bulan usai kekalahannya di Kuala Lumpur itu, Maria mencatatkan prestasi yang cukup membanggakan, seperti raihan dua emas di SEA Games 2007 (Tunggal dan beregu putri), Lolos ke Perempat Final Jerman Terbuka 2008, Finalis Piala Uber 2008, Finalis Indonesia Open 2008 dan ditutup dengan perunggu Olimpiade Beijing 2008. Semoga prestasi yang diraih Maria Kristin bisa diikuti oleh Linda usai Kejuaraan Dunia 2013 ini. Harapan duaribuan sih Linda bisa Juara di Asian Games, kan Tante Susi belum pernah juara disitu.

Indonesia dapat jatah 14 wakil

Untuk Kejuaraan Dunia 2013, Indonesia mendapatkan jatah 14 wakil yang dibagi menjadi 3 tunggal putra, 2 tunggal putri serta 3 pasangan ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Dari 14 wakil itu, kemungkinan ada 10 wakil yang mendapatkan slot unggulan (yang setidaknya harus sampai di babak 16 besar). Berikut adalah daftar pemain Indonesia yang lolos Kualifikasi BWF World Championship 2013 dengan keterangan slot unggulannya.

MS : Sony Dwi Kuncoro (4), Tommy Sugiarto, Simon Santoso

WS : Lindaweni Fanetri (15), Aprilia Yuswandari

MD : Angga Pratama-Ryan Agung Saputra (10), Hendra Setiawan-Muhammad Ahsan (13), Markis Kido-Alvent Yulianto Chandra (16)

WD : Pia Zebadiah-Rizky Amelia (10), Anneke Feinya-Nitya Krishinda (14 – Kemungkinan akan diganti), Gebby Ristiyani-Tiara Rosalia (15)

😄 : Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir (2), Muhammad Rijal-Debby Susanto (7), Fran Kurniawan-Shendy Puspa Irawati (8)