Cheng Wen Hsing lakukan Transformasi

Picture1

Pebulutangkis spesialis ganda berusia 31 tahun asal Taipei, Cheng Wen Hsing kembali masuk ke daftar nama skuad Tim Piala Sudirman Taiwan yang akan bertanding di Kuala Lumpur, 19-26 Mei mendatang. Superstar bulutangkis Taiwan ini akan tampil beda dengan rambut barunya di kejuaraan baru tersebut. Ia telah memotong habis rambut panjangnya hingga cepak (foto atas).

Foto diatas duaribuan ambil dari Facebook resmi dari Cheng Wen Hsing. Dilihat dari ketiga foto itu, Ia telah mencukur rambutnya sebanyak dua kali (dari foto 1 ke 2, dan dari foto 2 ke 3) tahun ini. Foto pertama dan kedua diunggah oleh Cheng pada 4 Januari lalu. Kemungkinan, alasan ia memotong rambutnya saat itu karena pada tanggal 9 Januari, ia sudah harus berangkat mengikuti kejuaraan Korea Open (biar nyaman waktu tanding ya).

Dengan rambutnya di foto kedua itu, Cheng belum bisa tampil baik. Ia sering gugur di babak-babak awal hingga ia memutuskan untuk kembali mencukur rambutnya. Kali ini ia mencukur rambutnya lebih ekstrem hingga menjadi cepak seperti di foto ketiga. Foto ketiga itu diunggah oleh Cheng pada 13 April lalu (baru-baru ini). Hasil dari cukur rambut keduanya itu berbuah manis di kejuaraan Badminton Asia Championship yang dimulai 16 April lalu. Ia menginjakkan kaki di babak 16 besar di kedua nomor yang ia ikuti (biasanya Round 1/Kualifikas naik ke Round 2 kan lumayan – kayak Febe kemarin).

Si Servis Error

Pemain sekelas Cheng Wen Hsing yang pernah menduduki peringkat 1 dunia di nomor ganda putri ternyata memiliki masalah teknis yang bisa dibilang fatal bagi seorang pemain ganda, yakni ia tidak bisa melakukan servis pendek. Anda bisa melihat dari semua video pertandingan yang ia jalankan, ia selalu nyangkut ketika melakukan servis pendek. Ketidakbisaannya melakukan servis pendek ini membuatnya harus melakukan servis panjang alias flick serve setiap kali ia mendapatkan giliran melakukan servis. Ini tentu dimanfaatkan betul oleh lawan ketika ia harus menerima servis dari Cheng.

Sibuk ngajar

Usai Olimpiade, Cheng Wen Hsing mengurangi jadwal pertandingan internasionalnya. Ia hanya akan mengikuti beberapa turnamen lagi (termasuk Sudirman ini) sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung raket dari dunia bulutangkis. Usai gantung raket, Cheng tidak akan menjadi pengangguran. Ia telah dikontrak untuk menjadi pengajar/dosen di fakultas olahraga atletik Universitas Nasional Chung Cheng di Taiwan sana. Good luck Cheng Wen Hsing…