Tim Sudirman Jepang cuma 12 Orang

62635_10151356413766316_1003298343_n

Keputusan berani diambil oleh kepala pelatih Timnas Bulutangkis Jepang, Park Joo Bong untuk ajang Piala Sudirman 2013 ini. Kemarin, peraih medali emas Olimpiade Barcelona itu merilis daftar Skuad Tim Bulutangkis Jepang yang ternyata hanya berjumlah 12 orang. Jumlah pemain yang dibawa oleh Jepang pada edisi kali ini tentu bisa dibilang tidak wajar bagi tim bulutangkis yang akan bertarung pada Grup 1 (kalo Grup 2 dan 3 seperti USA atau Kanada bawa 12 orang wajar).

12 pemain tersebut terdiri atas 6 pemain putra dan 6 pemain putri. Keenam pemain putra tersebut adalah Kenichi Tago, Takuma Ueda, Hirokatsu Hashimoto, Noriyasu Hirata, Hiroyuki Endo dan Kenichi Hayakawa. Sementara keenam pemain putri yang akan dibawa oleh Tim Jepang adalah Sayaka Takahashi, Mitani Minatsu, Misaki Matsutomo, Ayaka Takahashi, Miyuki Maeda dan Reika Kakiiwa.

Tago dan Ueda akan saling bergantian untuk tampil membela Jepang di nomor tunggal putra. Park lebih memilih Ueda untuk dibawa ke Kuala Lumpur daripada Sho Sasaki (Perempat Finalis Olimpiade) karena ia menilai penampilan Sasaki usai Olimpiade mulai menurun. Usia Sasaki pula yang tahun ini menginjak 31 tahun menjadi alasan lain Park tidak memilihnya.

Di nomor tunggal putri, Park Joo Bong tidak memilih pemain senior Eriko Hirose untuk dibawa ke Kuala Lumpur karena alasan yang serupa dengan Sasaki. Park lebih memilih Juara Perancis Terbuka, Minatsu Mitani dan pemain kidal Sayaka Takahashi untuk tampil di Putra Indoor Stadium. Park memilih kedua pemain itu karena menurut pendapatnya, mereka punya rekor pertemuan yang lebih bagus ketika melawan pemain top di peringkat 10 besar dunia saat ini.

Hiroyuki+Endo+Yonex+England+Badminton+Open+ji6-F4OcbrFl

Untuk nomor ganda, Tim Jepang sepertinya hanya memiliki 2 kombinasi yang bisa dipilih untuk ditampilkan saat pertandingan di Kuala Lumpur nanti. Kombinasi pertama menurunkan duet Hiroyuki Endo-Kenichi Hayakawa (Finalis All England – foto atas) di nomor ganda putra, Misaki Matsutomo-Ayaka Takahashi (World No #2) di ganda putri dan pasangan Noriyasu Hirata-Miyuki Maeda di ganda campuran.

Kombinasi kedua yang bisa menjadi opsi lain untuk dipilih oleh Park Joo Bong saat ajang Piala Sudirman mendatang adalah kombinasi yang menurunkan pasangan Hirokatsu Hashimoto-Noriyasu Hirata di ganda putra, Miyuki Maeda-Reika Kakiiwa di ganda putri dan Kenichi Hayakawa-Misaki Matsutomo di ganda campuran.

Skuad China dan Denmark

Dua unggulan teratas di ajang Piala Sudirman tahun 2013 ini, China dan Denmark kemarin telah secara resmi mengumumkan daftar skuad Tim Piala Sudirman-nya. Dalam skuad yang dirilis itu, Kedua tim sama-sama minus satu pemain andalannya. China tak membawa Lin Dan yang tak mau tampil karena belum bisa maksimal bermain, sementara Denmark tidak membawa Tine Baun karena Juara All England itu memutuskan untuk pensiun bulan Maret lalu.

Meskipun tak membawa Lin Dan, China masih tetap tangguh dengan 3 tunggal putra yang akan dibawa ke Kuala Lumpur, yakni Chen Long, Wang Zhengming dan Du Pengyu. Sementara tanpa Tine Baun, Denmark bisa dibilang lemah di nomor tunggal putri. Untuk selengkapnya, Berikut adalah daftar nama Skuad Tim Piala Sudirman China dan Denmark yang duaribuan kutip dari jejaring sosial twitter.

China

Putra : Chen long, Du Pengyu, Wang Zhengming, Cai Yun, Fu Haifeng, Liu Xialong, Qiu Zihan, Hong Wei, Chai Biao, Zhang Nan, Xu Chen

Putri : Wang Yihan, Li Xuerui, Wang Shixian, Wang Xiaoli, Yu Yang, Shu Cheng, Zhao Yunlei, Ma Jin

Denmark

Putra : Jan O Jorgensen, Viktor Axelsen, Carsten Mogensen, Mathia Boe, Rasmus Bonde, Joachim Fischer Nielsen, Anders Kristiansen

Putri : Line Kjærsfeldt, Anna-Thea Madsen, Christinna Pedersen, Kamilla Rytter Juhl, Marie Ropke, Line Kruse, Julie Houmann