Lin Dan tak perkuat Tim Sudirman China

935590_10151563373217348_1664313551_n

Superstar Bulutangkis China, Lin Dan (foto atas) mengaku tidak akan ambil bagian dalam kejuaraan beregu campuran tertinggi Sudirman Cup di Kuala Lumpur pada 19-26 Mei dua pekan lagi. Juara Olimpiade Beijing dan London itu tidak akan tampil karena ia mengaku belum kembali ke keadaan kompetitif yang baik. Ia akan berlatih lebih banyak lagi guna mencapai keadaan yang kompetitif tersebut.

“Saya tidak akan berpartisipasi di Sudirman Cup karena saya merasa saya belum kembali ke keadaan kompetitif. Saya perlu berlatih setiap hari untuk bisa kembali ke keadaan itu,” begitu pernyataan Lin Dan yang duaribuan terjemahkan dari situs olahraga Sina. Tidak ikutnya Lin Dan ke Kuala Lumpur kemungkinan tak banyak berpengaruh terhadap performa Tim China karena di nomor tunggal putra, Chen Long sudah dirasa pantas untuk menggantikan Lin. Dua bulan lalu, Chen berhasil mengalahkan pemain nomor 1 Dunia, Lee Chong Wei di Final All England 2013. Keberhasilan Chen itu sekaligus menggagalkan misi Lee untuk meraih hattrick Superseries di awal 2013 ini.

Sebenarnya kabar ini cukup mengejutkan pasalnya beberapa waktu lalu Thestar mengumumkan bahwa Lin Dan masuk ke dalam Skuad China yang akan tampil Kuala Lumpur (http://thestar.com.my/sports/story.asp?file=/2013/3/29/sports/12903942). duaribuan tidak tahu siapa yang benar antara Thestar atau Sina, tapi menurut duaribuan sendiri, Lin Dan memang didaftarkan Li Yongbo dalam Skuad Sudirman Cup China namun kemungkinan besar Lin tidak akan berangkat ke Kuala Lumpur.

Lin Dan pertama kali menjadi bagian dari Tim Sudirman Cup China pada tahun 2005 di Beijing. Di babak Final saat itu, Lin Dan menjadi salah satu pemain yang menyumbang poin bagi Tim China. Ia mengalahkan tunggal putra Indonesia, Lin Dan dua gim yang cukup ketat 17-15, 15-9. Kekalahan itu dibalas Taufik di Final Kejuaraan Dunia beberapa bulan kemudian.

Berangkat ke Jakarta

Setelah tahun lalu membuat kontroversi dengan melewatkan kejuaraan Indonesia Open Superseries Premier dan justru memilih mengikuti Thailand Open GP Gold (dimana ia kalah di Semifinal oleh Sony), tahun ini Lin Dan akan tampil di Istora Senayan Jakarta untuk mengikuti Indonesia Open 2013 pada 10-16 Juni. Selain berpartisipasi di Indonesia, Lin akan tampil di dua turnamen lain, yakni di Singapura dan Amerika Serikat. “Tim merekomendasikan saya untuk berpartisipasi pada turnamen di Indonesia, Singapura dan Amerika Serikat. Berharap saya bisa memenangkan 3 turnamen tersebut,” begitu ujar Lin Dan.

Teka Teki Kejuaraan Dunia

Berdasarkan rilis BWF pekan lalu, nama Lin Dan memang tidak terdaftar dalam daftar nama pemain China yang lolos kualifikasi ke Kejuaraan Dunia 2013, namun bukan berarti Juara Dunia 2011 ini tidak akan ikut serta dalam turnamen yang digelar bulan Agustus itu. Sebagai tuan rumah, China memiliki hak wild card bagi para pemain yang rankingnya tidak terkualifikasi dan menurut informasi, pihak Bulutangkis China telah mengirimkan usulan wild card Lin Dan ini ke BWF. Sekarang, apakah BWF akan memberikan wild card itu? Ayo kita bahas dibawah…

65652_364876956956530_1630060343_n

Jika BWF berpikir masalah popularitas, kemungkinan besar BWF akan mempergunakan fasilitas wild card untuk mendatangkan Lin Dan, pasalnya superstar China itu akan menjadi daya tarik sendiri bagi wartawan olahraga dunia (bukan bulutangkis saja) yang akan datang meliput ke Guangzhou.

Tapi jika BWF melihat dari segi esensi atau fungsi sebenarnya, fasilitas wild card ini seharusnya digunakan oleh BWF untuk mendatangkan pemain dari negara yang tidak terkenal bulutangkisnya, misalkan pemain dari negara Brazil atau Argentina dengan harapan bulutangkis makin terkenal di negara tersebut. Kita tidak tahu BWF akan memilih dari sisi popularitas, segi esensi atau keduanya. Harapan terbesar sih BWF akan memilih yang selain baik dari sisi popularitasnya juga baik dari segi esensinya (fungsi sebenarnya).

BWF sendiri sudah memastikan akan mempertimbangkan pengiriman atlet dari fasilitas wild card ini. Kabar ini didapat dari e-mail BWF Press Officer, Gayle yang dikirimkan kepada Ji Ye (foto atas). Dari e-mail tersebut, BWF mempertimbangkan akan adanya pemain yang tampil wild card, tapi tidak bisa memastikan siapa yang akan tampil itu. Jadi, Belum tentu Lin Dan. Kepastian siapa pemain yang akan mendapatkan wild card akan diumumkan oleh BWF pada 9 Mei nanti (dari situs BWF). Kita nantikan saja siapa yang dapat tiket Wild card…