Simulasi Piala Sudirman digelar 8 Mei

Picture1

Menjelang penyelenggaraan Piala Sudirman pada 19-26 Mei mendatang di Malaysia, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berencana melakukan Simulasi guna mempererat solidaritas dan kekompakan Tim Piala Sudirman pada 8 Mei mendatang di Pelatnas Cipayung, Jakarta. Berdasarkan informasi, simulasi tersebut merupakan persiapan terakhir bagi Tim Merah-Putih sebelum bertolak ke Kuala Lumpur.

Simulasi tersebut akan diikuti oleh seluruh pemain yang tergabung sebagai Tim Piala Sudirman Indonesia dimana nama-nama pemain tersebut akan diumumkan oleh PB PBSI pada 6 Mei mendatang bertepatan dengan batas akhir penyerahan daftar pemain ke BWF. Kabid Binpres PB PBSI yang juga Manajer Tim Piala Sudirman Indonesia, Rexy Mainaky mengungkapkan bahwa pertandingan simulasi ini akan sangat penting untuk melihat bagaimana kesiapan terakhir pemain menjelang kejuaraan beregu campuran bergengsi tersebut.

“Bagaimanapun, pertandingan simulasi ini tetap sangat penting. Ini sebagai ajang pemanasan dan melihat bagaimana kesiapan terakhir pemain yang dipanggil masuk tim,” begitu ungkap Rexy yang duaribuan kutip dari situs Bolanews. Untuk target, Ketua Umum PB PBSI yang juga Menteri Perdagangan mengungkapkan bahwa masuk ke Semifinal adalah target yang realistis bagi Tim Piala Sudirman Indonesia saat ini. “Dengan kenyataan yang ada, kekuatan yang merata, maka target tidak terlalu muluk. Target yang realistis semifinal,” begitu tutur Gita yang dikutip dari Republika.

Selain digunakan untuk mempersiapkan Tim Piala Sudirman Indonesia, acara Simulasi ini juga digelar oleh PB PBSI untuk merayakan peringatan hari ulang tahunnya yang ke-62. “Selain untuk persiapan menghadapi perebutan Piala Sudirman, pertandingan simulasi ini kita gelar juga untuk memeriahkan peringatan ulang tahun ke-62 PBSI,” begitu ungkap Kasubid Humas dan Media Sosial PB PBSI, Ricky Soebagdja. Meskipun digelar pada 8 Mei, ternyata tanggal ulang tahun organisasi tepok bulu tertinggi di Indonesia itu adalah 5 Mei.

Outing digelar 3-4 Mei

Sebelum melaksanakan simulasi pada 8 Mei mendatang, Hari ini dan besok (3-4 Mei) PB PBSI akan melaksanakan kegiatan outing atau kegiatan di luar latihan bagi seluruh pemain yang tergabung sebagai Tim bayangan Piala Sudirman Indonesia. Berdasarkan informasi yang duaribuan kutip dari tabloid Bola, kegiatan outing akan diselenggarakan di Hotel Novotel Bogor. Bisa jadi di acara inilah pelatih akan memberi tahu siapa yang akan diberangkatkan ke Kuala Lumpur.

BI0zepXCMAAZroK

Untuk pemain sendiri, kondisi Indonesia bisa dibilang cukup kritis saat ini karena tercatat ada 3 pemain Skuad Bayangan Tim Piala Sudirman yang tengah mengalami cedera. Mereka adalah Muhammad Rijal (foto atas cederanya), Anneke Feinya Agustin dan Sony Dwi Kuncoro. Karena cedera yang menimpa mereka bisa dibilang tidak ringan, mereka terancam tidak memperkuat Skuad Indonesia di Piala Sudirman.

Kondisi ini nyaris serupa dengan kondisi Tim Indonesia 2 tahun lalu saat gelaran Sudirman Cup 2011. Di Qingdao, Indonesia tidak membawa 4 pemain andalannya, yakni Liliyana Natsir, Markis Kido, Hendra Setiawan dan Taufik Hidayat. Keempat Juara dunia itu tidak tampil dengan alasan yang berbeda. Hendra, Kido dan Butet tidak tampil karena cedera sementara Taufik mundur karena menginginkan pemain muda untuk tampil. Meskipun tidak tampil dengan kekuatan penuh, Tim Sudirman Cup Indonesia yang digawangi oleh Simon, Firda, Ahsan-Bona, Greysia-Meiliana dan Fran-Pia itu berhasil mencapai target lolos ke babak Semifinal.

Prediksi Skuad Indonesia

Bulan Maret lalu PB PBSI merilis daftar 28 nama pemain yang menjadi skuad bayangan Tim Sudirman Cup Indonesia dan pada 6 Mei mendatang akan diumumkan secara resmi daftar pemain yang akan diberangkatkan ke Kuala Lumpur sebagai bagian dari Skuad Tim Piala Sudirman Indonesia. Dari informasi yang duaribuan terima, dari 28 nama tersebut akan diciutkan menjadi 20 nama. Tapi siapakah dia? Ini prediksi duaribuan.

MS : Tommy Sugiarto, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka

WS : Linda Wenifanetri, Aprilia Yuswandari, Adriyanti Firdasari

MD : Rian Agung Saputro, Angga Pratama, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan

WD : Nitya Krishinda Maheswari, Greysia Polii, Suci Rizky Andini, Della Destiara Haris, Meiliana Jauhari, Nuraidah Tiara Rosalia

šŸ˜„ : Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir, Muhammad Rijal, Debby Susanto