Pelatnas tanpa wakil di Semifinal

alam%20qf%20mgp2a

Para atlet Pelatnas yang dikirim oleh PB PBSI tidak satupun yang melaju ke babak Semifinal kejuaraan Malaysia Open GP Gold 2013 setelah kemarin dibabat habis oleh lawan-lawannya. Meskipun begitu, Indonesia masih menyimpan harapan untuk meraih gelar pada turnamen ini lewat 6 wakil non Pelatnas yang sudah menempatkan diri di babak Semifinal.

Keenam wakil Indonesia itu adalah Alamsyah Yunus, ganda putra Markis Kido-Alvent Yulianto Chandra, dua ganda putri yakni Pia Zebadiah-Rizky Amelia Pradipta dan Vita Marissa-Variella Aprilsasi serta dua ganda campuran yakni Praveen Jordan-Vita Marissa dan Marcus Fernaldi Gideon-Variella Aprilsasi.

Keenam wakil Indonesia itu kemarin harus melakoni partai yang cukup menegangkan sebelum memegang tiket Semifinal. Sebut saja satu-satunya wakil Indonesia di nomor tunggal putra yakni Alamsyah Yunus (foto atas) yang kemarin harus melakoni pertandingan selama satu jam 19 menit untuk mengalahkan pemain Hongkong, Nan Wei di Perempat Final dengan skor killer 21-18, 15-21, 22-20. Di set ketiga, Alamsyah yang sudah unggul 18-14 tiba-tiba terkejar menjadi 18-19. Hal ini sempat membuatnya gugup.

“Saya sempat deg-degan saat kesusul dari 18-14 menjadi 18-19, saat itu rasanya sudah pasrah. Tapi dengan bermain lepas dan terus mengincar titik kelemahan lawan, justru saya bisa mengejar saat kedudukan match point 20-19 untuk lawan,” begitu ujar Alamsyah dikutip dari situs Badminton Indonesia. Di babak Semifinal hari ini, Alamsyah akan berjumpa dengan wakil China, Chen Yuekun yang kemarin membuat kejutan dengan mengalahkan andalan tuan rumah, Daren Liew dengan skor 21-10, 22-20.

Menghadapi Chen, Alamsyah mengaku yakin bisa menang. “Sudah cukup lama tidak bertemu Chen, saya dan dia menang-kalah. Tapi dengan kemenangan hari ini saya cukup percaya diri untuk pertandingan besok. Asalkan bisa sabar dan tidak mati-mati sendiri, saya yakin bisa mengalahkan Chen,” ujar Alamsyah dikutip dari Badminton Indonesia.

Vita tak ada matinya

jordan vita qf mgp5a

Vita Marissa (foto atas) patut diacungi jempol di penampilannya kemarin. Ia harus melakoni pertandingan sebanyak 3 kali, yakni dua kali di ganda putri dan satu kali di ganda campuran di usianya yang menginjak 32 tahun ini. Di tiga pertandingannya, Vita berhasil menyapu bersh kemenangan dan hasil itu mengantarkannya lolos ke babak Semifinal di dua nomor yang ia geluti. Pertandingan pertama Vita adalah partai ganda putri bersama Variella Aprilsasi dimana ia berhasil mengalahkan wakil Indonesia, Shella Devi Aulia-Imma Mutiah dua gim langsung 21-18, 21-19. Vita dan Lala lolos ke Perempat Final.

Pertandingan kedua Vita adalah partai ganda campuran dimana ia bersama Praveen Jordan berhasil mengalahkan wakil Indonesia, Edi Subaktiar-Gloria Emmanuelle Widjaja dua gim langsung 21-17, 21-16. Hasil kemenangan keduanya ini langsung membuat Vita lolos ke babak Semifinal. Di babak Semifinal hari ini, Vita dan Jordan akan menghadapi unggulan pertama sekaligus Juara Bertahan di turnamen ini yakni Chan Peng Soon-Goh Liu Ying.

Meskipun lawan yang dihadapi Vita-Praveen hari ini kuat, Vita mengaku tetap optimis menang karena dalam setiap pertandingan tidak ada sesuatu yang mustahil, seperti yang terjadi pada Edi-Gloria yang Rabu lalu berhasil mengalahkan unggulan ketiga di turnamen ini . “Hari ini menang, besok lawannya kemungkinan besar Chan/Goh yang merupakan unggulan pertama. Tapi segala sesuatu bisa saja terjadi, seperti Edi/Gloria yang kemarin mengalahkan unggulan ketiga,” ungkap Vita dikutip dari situs PB PBSI.

Pertandingan ketiga Vita menjadi pertandingan terakhir di Court 2, dimana ia bersama Lala kembali turun ke lapangan untuk bertanding di babak Perempat Final. Uniknya, lagi-lagi lawan yang dihadapi Vita adalah pasangan yang berasal dari Indonesia, yakni Melati Daeva Oktaviani-Rosyita Eka Eka Putri Sari. Pertandingan berjalan cukup alot terutama di gim pertama namun pengalaman membawa Vita dan Lala menang 24-22. Di gim kedua, Vita dan Lala makin percaya diri sehingga menang telak 21-9. Di babak Semifinal hari ini, Vita dan Lala akan berhadapan dengan pemain Singapura, Vanessa Neo-Lei Yao yang di babak Perempat Final kemarin membuat kejutan dengan mengalahkan andalan tuan rumah, Vivian Kah Mun Hoo-Khe Wei Woon lewat rubber game 21-13, 13-21, 21-19

Indonesia di Semifinal

MS : Alamsyah Yunus vs Chen Yuekun (China)

MD : Markis Kido-Alvent Yulianto Chandra vs Goh V Shem/Lim Khim Wah (Malaysia)

WD : Pia Zebadiah Bernadet-Rizki Amelia Pradipta vs Goh Liu Ying/Lim Yin Loo (Malaysia)

WD : Vita Marissa-Variella Aprilsasi vs Vanessa Neo/Yao Lei (Singapura)

😄 : Praveen Jordan-Vita Marissa vs Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (Malaysia)

😄 : Marcus Fernaldi Gideon-Variella Aprilsasi vs Tan Aik Kuan/Lai Pei Jing (Malaysia)