Afrika batal Tampil, BWF Lakukan Undian Ulang

302769_10151356395806316_106530132_n

Kurang dari tiga pekan menuju gelaran Sudirman Cup 2013, Tim Afrika Selatan secara tiba-tiba memutuskan untuk mengundurkan diri dari ajang dua tahunan ini. Belum dipastikan alasan tidak tampilnya Tim yang berasal dari Konfederasi Bulutangkis Afrika tersebut. Dengan mundurnya Afrika Selatan dari turnamen ini, Jumlah Tim yang berpartisipasi dalam ajang Sudirman Cup 2013 kali ini makin sedikit, yakni hanya 30 tim.

Selain berdampak pada berkurangnya jumlah partisipan, Tidak tampilnya Afrika Selatan juga berimbas kepada Draw di Grup 4, Grup dimana Afrika Selatan Berada bersama Filipina dan Kazakstan. Hari ini, BWF memutuskan bahwa dua tim yang satu grup dengan Afrika tersebut akan ditempatkan di Grup 3 dan dilakukan Pengundian Ulang (Re-draw).

Dan dari hasil pengundian ulang yang dilaksanakan pagi tadi, Filipina ditempatkan di Grup 3A bersama Ukraina, Selandia Baru, Turki dan Sri Lanka sementara Kazakhstan ditempatkan di Grup 3B bersama Swiss, Vietnam, Australia dan Lithuania. Naiknya Kazakstan dan Filipina ke Grup 3 tentu menjadi ancaman bagi tim-tim yang saat ini ada di Grup 3. Sebut saja Filipina yang punya duo Alcala, Marky dan Malvinne yang bisa dibilang akan menjadi batu sandungan di Grup 3A.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs BWF, Ofisial turnamen menyatakan bahwa naiknya Kazakstan dan Filipina ke Grup 3 akan lebih baik bagi kedua tim karena mereka akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk bermain dengan pemain dari negara lain dibandingkan jika mereka tetap berada di Grup 4.

Turnamen Li Ning BWF Sudirman Cup sendiri akan dilaksanakan pada 19-26 Mei mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. Tim Indonesia akan mengawali laga di ajang ini pada Hari Senin, 20 Mei mendatang berhadapan dengan Tim India dan sehari setelahnya (21 Mei), Indonesia harus melawan Juara Bertahan China.