Mei ini, Perhatian tertuju ke Kuala Lumpur

Picture1

Bulan Mei ini akan menjadi Bulan yang sibuk buat dunia Bulutangkis, pasalnya sejumlah agenda penting rencananya akan dihelat di Kuala Lumpur, kantor Pusat BWF. Dan dari beberapa agenda yang akan duaribuan beberkan di artikel kali ini, agenda yang paling dinantikan tentu saja ajang perebutan Piala Sudirman (foto atas) yang akan digelar pada 19-26 Mei mendatang di Putra Indoor Stadium.

Ajang Piala Sudirman 2013 ini adalah ajang perebutan Piala Sudirman yang ke 13 dan untuk kali pertama, Malaysia menjadi tuan rumah kejuaraan beregu campuran tertinggi di dunia bulutangkis ini. Karena berhasil mendapatkan kesempatan yang berharga ini, pihak Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pun berjanji akan memberikan kesan yang tak akan terlupakan, baik untuk pemain maupun untuk pecinta bulutangkis yang akan hadir di Kuala Lumpur.

Pada edisi Piala Sudirman tahun ini, tercatat hanya ada 31 tim yang akan ikut serta dalam turnamen yang akan dibagi dalam 3 Grup (Grup 1, Grup 2 dan Grup 3). Jumlah tim yang berpartisipasi pada edisi kali ini lebih sedikit dari tahun 2011 lalu (33 tim). Dalam sejarah Piala Sudirman, jumlah tim terbanyak yang ikut serta terjadi pada edisi kelima di Glasgow tahun 1997, dimana saat itu tercatat ada 59 tim yang berpartisipasi.

Pada artikel kali ini duaribuan tidak akan membahas banyak soal Piala Sudirman 2013 (ntar ada artikel tersendiri) karena fokus kita kali ini adalah rangkaian agenda yang akan digelar Mei ini selain kejuaraan Piala Sudirman. Dan berikut ini adalah rangkaian agenda yang duaribuan kumpulan dari berbagai sumber.

Pre Sudirman Cup Training Camp

Dalam rangka menghadapi kejuaraan Sudirman Cup, pihak Bulutangkis Malaysia (BAM) menyelenggaraan pelatihan bulutangkis dengan judul “Pre Sudirman Cup Training Camp” bagi para tim yang akan ikut serta di turnamen ini (ini tidak wajib). Berdasarkan informasi yang duaribuan terima, nama-nama pebulutangkis ternama Malaysia, seperti Wong Choong Hann, Lee Wan Wah, Chan Chong Ming dan Chew Choon Eng akan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Training Camp ini akan dilaksanakan 13-17 Mei 2013 dengan biaya RM 1000 per orang (kurang lebih 3,5 juta Rupiah).

Latihan akan dilaksanakan selama lima hari mulai pukul 10.00 – 12.30 waktu Malaysia di Pioneer Badminton Academy. Dengan biaya yang dibilang cukup mahal tersebut, Peserta akan diberi berbagai fasilitas, mulai dari penginapan di Hotel YY 318 hingga transport dari Hotel ke Arena latihan. Bisa dibilang cukup bagus lah buat tim-tim dari jauh seperti Afrika Selatan atau Amerika Serikat (sambil nunggu pelaksanaan Piala Sudirmannya). Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, download aja nih Pre Li-Ning BWF Sudirman Cup Training Camp.

Pemilihan Presiden BWF

Picture4

Tahun ini adalah tahun yang sangat menentukan bagi BWF karena akan diselenggarakan Pemilihan Presiden BWF pengganti Presiden saat ini, Dr. Kang Young Joong yang tahun lalu mengungkapkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi sebagai Presiden BWF. Jika saja Presiden Kang mencalonkan diri lagi, bisa dipastikan lah dia kembali menduduki posisi itu karena selama masa jabatannya, Bulutangkis bisa dibilang naik level (program pengadaan Superseries dan penggantian sistem poin ke 3 x 21 cukup meratakan bulutangkis ke seluruh dunia).

Sebenarnya tak hanya posisi BWF 1 alias Presiden BWF yang akan diperebutkan tahun ini, tetapi posisi penting lain seperti Deputi Presiden, BWF Council sampai Pengurus Para Badminton rencananya juga akan dipilih, tetapi yang paling menjadi perhatian tentu pemilihan Presiden BWF dimana akan ada 2 calon, yakni Poul Erik Hoyer Larsen dan Justian Suhandinata (foto atas). Pemilihan semuanya akan berlangsung dalam BWF AGM (Annual General Meeting) 2013 pada 18 Mei mendatang.

Sebelum dilaksanakan BWF AGM, rencananya akan dilaksanakan BWF Members Forum terlebih dahulu, dan bocorannya sih (gak tahu benar atau salah) dalam kegiatan itu Presiden Kang dan dua calon Presiden BWF akan berbicara (mirip-mirip ama promosi gitu deh) dalam Forum tersebut. BWF Members Forum akan dilaksanakan sehari sebelum BWF AGM, yakni pada 17 Mei.

Pelantikan Komisi Atlet BWF

Selain diselenggarakan BWF AGM 2013, pada 18 Mei mendatang juga akan diselenggarakan Pelantikan 6 komisioner dari Komisi Atlet BWF. Keenam komisioner tersebut adalah Emma Mason (Ketua – Skotlandia), Hans Kristian Vithingus (Wakil Ketua – Denmark), Greysia Polii (Indonesia), Yuhan Tan (Belgia), Lee Yong Dae (Korea) dan Rodrigo Pacheco (Peru). Dari enam komisioner tersebut, seperti kita tahu 3 nama yakni Hans Kristian Vithingus, Greysia Polii dan Yuhan Tan adalah pemain yang lolos menjadi anggota Komisi Atlet BWF lewat Voting yang dilakukan bulan Maret lalu disela-sela turnamen All England dan German Open.

Menurut Mason yang akan menjadi Ketua Komisi Atlet hingga tahun 2015, Fungsi dari Komisi Atlet BWF ini adalah sebagai wadah bagi para atlet untuk menyampaikan suaranya kepada BWF. Istilah singkatnya adalah DPR-nya BWF deh. ’’Kami akan membantu pebulu tangkis yang merupakan teman dan kolega kami untuk memastikan bahwa suara mereka didengar,’’ terang Mason dalam wawancara bersama Badzine bulan Maret lalu.

BWF All Star Awards 2013

315989_986002342403_1205417391_n_2

Malam hari sebelum pelaksanaan Sudirman Cup akan digelar acara Welcome Dinner yang BWF beri judul “BWF All Star Awards 2013” dimana pada malam itu selain dilakukan penyambutan pemain Sudirman Cup, BWF juga akan memberikan award alias penghargaan kepada insan bulutangkis yang telah berjasa di dunia dan yang paling ditunggu adalah pengumuman untuk BWF Best Player 2012 yang nominasinya telah diumumkan bulan Maret lalu. Pasti banyak dari anda yang tidak ingat karena Issue ini memang tidak berkembang di tanah air mengingat tak ada nama pemain Indonesia di dalam daftar nominasi tersebut. Berikut adalah nominator BWF Best Player 2012.

Best Male Player : Lin Dan (China), Lee Chong Wei (Malaysia), Chen Long (China), Cai Yun-Fu Haifeng (China), Lee Yong dae-Chung Jae sung (Korea)

Best Female : Li Xuerui (China), Wang Yihan (China), Saina Nehwal (India), Tian Qing-Zhao Yunlei (China)

Best Young Player : Tai Tzu Ying (Taiwan), Viktor Axelsen (Denmark), Kento Momota (Jepang), Nozomi Okuhara (Jepang), Ratchanok Intanon (Thailand) dan Busnan Ongbumrungpan (Thailand)

Selain 3 penghargaan Best Player itu, ada 6 penghargaan lain yang akan diberikan oleh BWF kepada orang-orang yang telah dipilih karena berjasa buat Bulutangkis. Keenam penghargaan tersebut adalah Lifetime Achievement Award yang akan diberikan kepada Heather Robson (New Zealand), Hall of Fame kepada Ha Tae Kwon (Athens Olympic Champion) dan Gong Zhi Chao (Sydney Olympic Champion), Distinguished Service Award kepada Joao Matos dari Portugal, Women in Badminton kepada Hiromi Murai dari Jepang, Certificate of Commendation kepada Siam Cement Group (SCG) serta Meritorious Service Award yang akan diberikan kepada 11 orang, yakni Luis Manoel da Fonseca Barreto (BRA), John C Briggs (ENG), Abby Kumar (ENG), Mrs Linda Alvarez (GIB), Chau Man Tuan (HKG), Hsu Show Hoo (HKB), Iriansyah Busra (INA), Anton Gonadi (INA), Koesdarto Pramono (INA), Chua Soo Hock (MAS) and Barabash Mykola (UKR).

Penghargaan-penghargaan dan alasan mengenai keterpilihan orang-orang ini akan duaribuan bahas pada artikel selanjutnya, jadi tetep stay with duaribuan. Untuk tambahan, Acara Welcome Dinner ini akan diselenggarakan di Double Tree Hotel Kuala Lumpur dan menurut informasi yang duaribuan peroleh, para hadirin utamanya para atlet akan tampil dengan pakaian formal (Butet pake Jas pasti.. hehe).