Tiap Pekan, Skuad Axiata boleh diganti

rudy

Laga lanjutan Axiata Cup 2013 yang berlangsung di Kuala Lumpur sejak Jumat lalu mengundang sedikit kontroversi, pasalnya pada pertandingan yang berlangsung di Stadium Badminton Cheras, Tim Malaysia menurunkan Sonia Su Ya Cheach, Hoon Tien How dan Tan Wee Kiong, tiga nama yang tidak termasuk dalam daftar skuad Malaysia yang tertera di situs resmi Axiata Cup. Tindakan yang dilakukan Malaysia itupun akhirnya mengundang protes dari pihak Indonesia yang menilai bahwa Malaysia bertindak curang, sehingga kasus ini pun dilaporkan oleh Manajer Tim Indonesia Bambang Roedyanto pada BAC.

Namun jawaban BAC atas protes yang dikirim Indonesia itu justru tidak memuaskan. Sekjen BAC, Surasak Songvarakulpan menganggap bahwa pebulutangkis yang tampil di Axiata Cup bisa diganti setiap pekan. Menurut Koh Rudi dalam Jumpa Pers usai kemenangan atas Filipina kemarin (foto atas), jawaban dari BAC ini tentu melanggar aturan yang telah disepakati sebelumnya dimana pemain yang boleh tampil harusnya pemain yang terdaftar sebelumnya.

“Seharusnya Malaysia tak boleh memainkan pebulutangkis yang tak masuk daftar,” kecam Koh Rudi. ‘’Bisa jadi, Lee Chong Wei yang tak terdaftar di tim Malaysia bisa ikut serta di semifinal dan final. Bukan karena kami gentar atau takut kalah, tapi aturan yang tak dipatuhi yang membuat kami kecewa. Bisa juga nantinya Asia dan Eropa mendatangkan pebulu tangkis terbaiknya. Asia bisa saja menambah pebulu tangkis Tiongkok yang kuat-kuat,’’ tambah Rudy yang menjabat sebagai Kasubid Hubungan Internasional PBSI.

Indonesia sendiri sejak hari pertama turnamen juga selalu melakukan rotasi pemain, namun pemain yang tampil di lapangan selalu pemain yang terdaftar dalam Skuad, termasuk di hari pertama turnamen dimana saat itu para pemain andalan Indonesia seperti Tontowi-Liliyana dan Rijal-Debby belum tiba di Surabaya. Belum datangnya kedua ganda campuran Indonesia yang terdaftar dalam Skuad Axiata itu akhirnya membuat Tim Indonesia menurunkan duet darurat Ricky Karanda Suwardi dan Bellaetrix Manuputty.

Indonesia, Malaysia dan Thailand pastikan tiket Semifinal

Tiga kekuatan bulutangkis terbesar di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia dan Thailand kemarin meraih kemenangan atas lawan-lawannya di laga lanjutan Axiata Cup 2013 dan hasil kemenangan itu turut membuat ketiga tim memastikan tiket Semifinal yang rencananya akan digelar 13 April mendatang di Kuala Lumpur.

img_70

Dari klasemen sementara Axiata Cup hari keenam, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan poin 19 disusul Malaysia dengan poin 18 dan Thailand dengan poin 17. Ketiga tim itu dibuntuti oleh Asian All Star (foto atas) yang kini menjadi favorit untuk menyusul ke Semifinal karena di laga terakhir melawan Malaysia malam nanti, mereka hanya membutuhkan 2 poin dan Asia punya kans untuk menang di tunggal putra dan putri (Asia punya Lee Hyun Il  dan Tai Tzu Ying).

Dilain pihak, Tim Malaysia yang sudah memastikan tiket Semifinal kini sedang gundah gulana karena kemungkinan besar di klasemen akhir Axiata Cup mereka akan finish di peringkat ketiga karena disalip oleh Thailand yang malam nanti punya kans besar memetik angka penuh dari Filipina. Jika sesuai dengan prediksi tersebut, kemungkinan di babak Semifinal bisa saja mereka berjumpa dengan tim kuat Indonesia (tergantung draw sih). Hal inilah yang sempat dikhawatirkan oleh Rashid Sidek.

“Melihat kondisi yang terjadi, sepertinya sulit bagi kami untuk menyelesaikan babak penyisihan grup di posisi 2 besar karena Thailand dan Indonesia memiliki peluang yang lebih bagus. Thailand kemungkinan besar akan mendapatkan poin maksimal melawan Filipina, sementara Indonesia setidaknya akan dapat mengambil dua poin dari Eropa All Star. Sementara kami, kami harus realistis bahwa akan sangat sulit untuk merebut seluruh empat poin melawan Asia All Star. Karena dua tim teratas klasemen akhir diunggulkan dalam pengundian semifinal nanti (12 April 2013), dan mau tidak mau kami harus meladeni salah satu dari mereka, saya lebih suka bertemu dengan Thailand terlebih dahulu,” ujar Rashid Sidek dikutip dari Sports247.