Indonesia kembali ke Singgasana

linda h5 axiata3a

Indonesia kembali memuncaki klasemen sementara kejuaraan beregu Axiata Cup 2013 setelah siang tadi sukses mengalahkan tim kuat Thailand dengan skor 3-1. Sesuai perkiraan, Tiga poin Indonesia didapatkan di nomor tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran, sementara untuk nomor tunggal putri dimenangkan oleh Thailand yang menurunkan Finalis All England 2013, Ratchanok Intanon yang mengalahkan wakil Indonesia, Lindaweni Fanetri (foto atas).

Tampil di partai pertama, Intanon menunjukkan permainan yang mengagumkan dengan penempatan-penempatan bola yang menyulitkan Linda hingga akhirnya pemain berusia 18 tahun itu menang dua gim langsung, 21-17, 21-19 sekaligus membuat Thailand memimpin dengan skor 1-0. Linda yang ditemui usai pertandingan mengakui bahwa ia sudah menampilkan permainan terbaiknya saat melawan Intanon. “Saya sudah usaha yang terbaik, saya kesulitan dengan pukulan-pukulan colongan dia, padahal sudah saya jaga, tapi tetap saja menyusahkan,” begitu ujar Linda mengomentari pertandingannya itu.

Indonesia baru berhasil menyamakan kedudukan 1-1 setelah di partai kedua, Tommy Sugiarto mampu mengalahkan andalan Thailand, Tanongsak Saensoombonsuk dua gim langsung 21-17, 21-14. Kemenangan Tommy ini sekaligus membalas dendamnya atas Tanongsak yang dipertemuan sebelumnya (Perempat Final All England 2013) mengalahkan Tommy dua gim langsung, 21-17, 21-11.

Di partai selanjutnya dimainkan nomor ganda campuran, dimana Indonesia menurunkan pasangan Juara All England Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir yang siang tadi kontra dengan pasangan senior Thailand, Sudket Prapakamol-Saralee Thongthoungkam. Di dua pertemuan sebelumnya, yakni di Final Indonesia Open 2012 dan Penyisihan Grup BWF Superseries Final 2012, Owi dan Butet harus mengakui keunggulan Sudket dan Saralee dalam rubber game. Namun untuk pertemuan keenamnya kali ini di DBL Arena, Owi dan Butet berhasil membalaskan dendamnya itu dengan menang dua gim langsung, 21-12, 21-11. Dengan kemenangan ini, Indonesia berbalik unggul 2-1 atas Thailand.

owi cs h5 axiata2a

Liliyana (foto atas) yang ditemui saat Jumpa pers mengaku bahwa mereka bisa menang atas pasangan Thailand ini karena kali ini mereka bisa tampil tenang. “Kami hari ini menang mudah karena tampil lebih tenang, kami juga lebih percaya diri setelah menjuarai All England untuk yang kedua kalinya, ini adalah hasil yang positif,” begitu tutur Liliyana dikutip dari Badminton Indonesia.

Di partai terakhir, pasangan ganda putra Indonesia, Angga Pratama-Ryan Agung Saputra akhirnya memastikan kemenangan bagi tim Indonesia 3-1 setelah di laga itu, mereka berhasil mengalahkan pasangan Thailand, Sungphon Anugritayawon-Boonsak Ponsana dua gim langsung, 21-16, 21-12. Setelah melawan Thailand, Indonesia masih memiliki 2 laga sisa lain, yakni melawan Filipina besok (30 Maret) dan melawan European All Star lusa (31 Maret).