Tuan Rumah targetkan ke Semifinal

580160_349779778466248_1200275447_n

Disela-sela acara pengundian babak grup turnamen bulutangkis Sudirman Cup 2013 di Kuala Lumpur hari ini, Rashid Sidek (foto atas paling kanan) yang menjadi perwakilan Malaysia di acara tersebut mengungkapkan bahwa Tim Malaysia yang kali ini bertindak sebagai tuan rumah menargetkan diri lolos ke babak Semifinal setelah tahun lalu disingkirkan oleh Korea dengan skor tipis 2-3 di babak delapan besar.

“Kami optimistis bisa melewati babak penyisihan grup dan target awal bisa sampai babak semifinal,” begitu tutur Rashid Sidek saat sesi wawancara. Sidek sangat percaya diri akan terpenuhinya target tersebut karena pada turnamen yang digelar Mei mendatang, mereka akan turun dengan kekuatan penuh, termasuk menurunkan pemain nomor 1 dunia, Lee Chong Wei. “Semua pemain utama akan kami turunkan, termasuk Lee Chong Wei,” tambahnya.

Diluar faktor pemain, tampil sebagai tuan rumah juga menjadi faktor tersendiri buat Tim Malaysia menghadapi Sudirman Cup kali ini. Selain bisa menambah semangat bermain, tampil di depan publik sendiri juga bisa memberi tekanan tersendiri buat Malaysia. “Kami bermain di depan publik sendiri. Kondisi ini tak hanya akan menambah semangat, tapi mungkin juga memberi tekanan bagi kami,” ujar Sidek tenang.

Berdasarkan hasil undian yang dirilis oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) siang tadi, Malaysia ditempatkan di Grup 1C bersama Jerman dan Taiwan. Meskipun lebih diunggulkan untuk menjuarai Grup ini, kemungkinan besar Malaysia akan lolos dari Grup dengan tidak akan menyapu bersih 5 partai yang akan dipertandingkan karena di nomor tunggal putri, Jerman dan Taiwan lebih diunggulkan. Jerman memiliki Juliane Schenk dan Taiwan punya Tai Tzu Ying.