Thomas Uber 2014 digelar di India

Picture1

duaribuan – Satu tahun jelang penyelenggaraan ajang bergengsi Piala Thomas dan Piala Uber pada tahun 2014, tiba-tiba ada kabar mengejutkan dari BWF. Federasi bulutangkis tertinggi di dunia itu tiba-tiba menunjuk India, tepatnya New Delhi sebagai tuan rumah Piala Thomas dan Uber 2014. Kepastian mengenai hal ini diberitakan oleh situs Times of India beberapa jam yang lalu.

Memberi judul Delhi to host ‘new’ Thomas Uber Cups (foto atas), Times of India mengungkapkan bahwa berkaitan dengan penunjukkan itu, Pejabat BWF rencananya akan mengunjungi New Delhi untuk menandatangani kesepakatan pada tanggal 26 April 2013. Kemungkinan besar penunjukkan langsung ini berkaitan dengan sistem baru yang mulai diterapkan untuk ajang Thomas Uber, dimana mulai tahun 2014, BWF tidak mengadakan babak Kualifikasi. Penunjukkan langsunh ini memang lumrah dalam dunia olahraga, dimana ketika diadakan perubahan sistem pada suatu turnamen, Federasi olahraga boleh menentukan siapa tuan rumah turnamen itu tanpa melakukan bidding.

Berdasarkan rilis Times of India itu, akan ada 16 tim yang tampil di putaran final Piala Thomas dan Uber mulai 2014, dimana 14 tim dipilih berdasarkan ranking dunia dan dua tempat lain diisi oleh Juara bertahan dan Tuan Rumah. Pengisian slot konfederasi juga diperhatikan dalam penentuan tim yang lolos ke putaran Final, dimana Asia dan Eropa minimal harus memiliki 3 wakil, dan di tiga konfederasi lain (Pan America, Africa dan Oceania) setidaknya memiliki 1 wakil.

4874267.cms

Namun duaribuan punya kisah yang kurang mengenakan mengenai penyelenggaraan turnamen besar BWF sebelumnya di India, yakni Kejuaraan Dunia 2009 yang digelar di Hyderabad. Kala itu, beberapa tim memutuskan untuk batal tampil di Hyderabad, yakni Tim Inggris dan Tim Austria. Kedua tim batal tampil karena mengaku mendapatkan teror. Mengantisipasi rumor yang berkembang tersebut, India pun menurunkan pihak keamanan yang cukup banyak untuk mengamankan area stadion (foto atas).