Indonesia gilas Vietnam 4-0

axiata gdn2

Laga perdana Tim Indonesia pada turnamen Axiata Cup 2013 dilalui dengan jalan mulus di DBL Arena (foto atas) hari ini. Melawan negara yang tidak terlalu kuat, yakni Vietnam, Indonesia berhasil menyapu bersih kemenangan 4-0. Meskipun dalam laga yang disiarkan secara langsung oleh tvOne itu Indonesia tak turun dengan kekuatan penuh, namun para pemain bermain cukup baik dan tak kehilangan satu gim pun.

Kemenangan Indonesia diawali di partai ganda campuran, dimana Indonesia menurunkan ganda campuran ‘darurat’ Ricky Karanda Suwardi dan Bellaetrix Manuputty. Ricky dan Bella yang diketahui ternyata baru satu kali berlatih bersama (Rabu kemarin) berhasil menumbangkan pasangan Duong Bao Duc-Thai Thi Hong dua gim langsung 21-12, 21-13. Yang menurut saya unik dalam partai ini adalah masih adanya rasa canggung diantara kedua pemain. Di awal pertandingan terlihat Bella dan Ricky masih senyam senyum ketika hendak servis.

Usai ganda campuran, dimainkan nomor tunggal putra dimana Simon Santoso berjumpa Nguyen Hoang Nam. Sebelumnya, Simon diperkirakan akan bertemu dengan andalan Vietnam, Nguyen Tien Minh, tetapi ternyata Nguyen sedang mengalami cedera. Melawan Nguyen lainnya (Hoang Nam – red), Simon berhasil menang 21-14, 21-10.

Di partai ketiga, turun Aprilia Yuswandari yang melawan pemain asal Vietnam, Vu Thi Trang. Tidak terduga, ternyata permainan Vu bisa mengimbangi April. Di gim pertama, Vu bahkan sempat memiliki 2 game point saat unggul 20-18. Dengan tenang, April meraih dua poin untuk menyamakan kedudukan 20-20. Setelah bermain alot di beberapa reli setelahnya, akhirnya pukulan Vu yang membentur bibir net membuat April menutup kemenangan 25-23. “Saya kesulitan mengontrol bola karena bola yang dipakai cukup cepat, sehingga banyak mati sendiri,” ujar Aprilia mengomentari penampilannya di gim pertama. Di gim kedua, April juga sempat dibuat keteteran namun dengan pasti ia menutup kemenangan 21-18 untuk memastikan poin kemenangan Indonesia atas Vietnam (3-0).

karanda hr1 axiata1a

Di partai terakhir, Ricky Karanda Suwardi (foto atas) kembali tampil namun kali ini ia bermain di nomor ganda putra. Berpasangan dengan Muhammad Ulinnuha, Ricky berhasil menyumbang poin kedua buat Indonesia setelah menumbangkan Bao Minh-Huynh Nguyen Khang dua gim langsung, 21-14, 21-14.

Besok, Indonesia dijadwalkan akan berjumpa dengan negara yang lebih kuat, yakni Singapura yang diluar dugaan hari ini menumbangkan European All Star dengan skor 3-1. Satu-satunya poin kemenangan Eropa diraih oleh pemain kidal Carolina Marin yang berhasil menumbangkan Xing Aiying dua gim langsung, 21-11, 21-12. Tiga kekalahan lainnya dialami oleh Scott Evans, Ivan Sozonov dan Vladimir Ivanov serta Nathan Robertson-Jenny Wallwork dalam pertarungan yang ketat di gim terakhir.

Scott dikalahkan oleh Chen Yongzhao Ashton lewat pertarungan ketat yang berakhir dengan skor 18-21, 21-17, 19-21 (nyesek di gim terakhir). Pasangan ganda putra asal Rusia, Ivan Sozonov-Vladmir Ivanov juga kalah nyesek dari Liu Yi-Yeo Zhao Jiang Terry rubber game 21-17, 16-21, 19-21 sementara Juara Dunia Nathan Robertson yang menggandeng Jenny Wallwork kalah ternyesek 15-21, 29-30 atas pasangan Singapura, Danny Bawa Chrisnata/Neo Yu Yan Vanessa 15-21, 29-30.

Kekalahan ini membuat mereka kecewa. “Good win in my single but dissapointed for the team that we lose 3-1. Good atmosphere at the hall. Happy to stay here! Love Indonesia,” tutur Carolina Marin di akun twitternya @caro_marin2. Dengan hasil di sesi pertama hari ini, Indonesia memuncaki klasemen round robin diikuti oleh Singapura di urutan kedua.