Bella pernah bermain di nomor Ganda

bela karanda hr1 axiata1a

Hari ini pertandingan Axiata Cup dibuka dengan ciamik lewat duet dadakan Ricky Karanda Suwardi-Bellatrix Manuputty yang berhasil mengalahkan pasangan ganda campuran Vietnam Duong Bao Duc-Thai Thi Horg Gan dalam pertarungan dua gim langsung, 21-12, 21-13. Karena mereka tampil benar-benar dadakan dimana mereka baru dipasangkan sehari sebelum penyelengaraan turnamen dan berlatih hanya sekali kemarin, salah seorang komentator tvOne akhirnya menjuluki pasangan baru ini sebagai pasangan darurat.

Mereka terpaksa dipasangkan di nomor ganda campuran karena dua pasangan ganda campuran terbaik Indonesia yang menjadi bagian dari Tim Axiata Cup, yakni Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal-Debby Susanto baru tiba di Jakarta kemarin malam karena terjadi penundaan penerbangan di Jerman. Hari ini, mereka baru berangkat ke Surabaya dan diperkirakan salah satu dari kedua pasangan itu akan diturunkan saat laga kontra Singapura besok.

Dalam pertandingan Ricky-Bella tadi siang, Bella terlihat cukup apik bermain saat menyerobot bola dan melakukan netting, namun ia kurang baik dalam menerima bola yang datangnya cepat seperti bola-bola drive sehingga pukulan kembaliannya sering menyangkut di net (wajar karena pemain tunggal yang sukanya main halus). Servis Bella juga bisa dibilang tak terlalu tipis di net seperti pemain ganda pada umumnya sehingga terlihat beberapa kali pemain  Vietnam menyerobot servis Bella itu namun dengan sigap Ricky yang berada di belakang berhasil mengembalikan semua bola itu dengan baik (ciee…)

990c7e0b-94d1-4764-b113-b13fce73ee7c

Di lapangan, keduanya memang terlihat masih agak sungkan berpartner (maklum takut dimarahin pacar masing-masing). Hal ini terlihat di awal gim pertama dimana mereka senyam senyum saling memandang ketika hendak menerima servis. Kecanggungan juga terlihat di salah satu foto yang diambil dari situs PB PBSI (foto atas) dimana Ricky dan Bella terlihat aneh ketika melakukan tos.

Bagi pemain ganda seperti Ricky, tos adalah hal yang biasa dilakukan karena itu adalah tanda kebersamaan, namun buat Bella, ini bukan menjadi kebiasannya karena ia adalah pemain tunggal. Tidak seperti pemain tunggal lain, Bella mengaku pernah bermain di nomor ganda (kalo pemain ganda pasti pernah main tunggal, namun pemain tunggal belum tentu pernah main ganda). Hal ini diakui Bella saat sesi wawancara di DBL Arena usai pertandingan melawan Vietnam. “Dulu memang pernah main di ganda putri dan ganda campuran, jadi sudah tahu dasar-dasarnya. Tapi sekarang sudah lama sekali tidak main di nomor itu karena fokus di tunggal,” jawab Bella menerima pertanyaan seorang wartawan.

Dalam kesempatan berbeda, Bella pernah mengungkapkan bahwa dulu ia pernah berada di persimpangan jalan ketika karirnya di nomor tunggal tidak berkembang. Ia berencana berpindah ke nomor ganda namun ketika ia menanyakan hal tersebut kepada orang tuanya, Bella tidak mendapat ijin. Sang Bunda berharap Bella bisa menjadi pemain tunggal putri yang hebat seperti Susi Susanti. Itulah kalimat yang hingga kini menjadi motivasi terbesar Bella bermain di nomor tunggal.

Ricky mengaku Nervous

bela karanda hr1 axiata a

Ricky Karanda Suwardi bisa dibilang bermain cukup baik ketika berpasangan dengan Bellaetrix Manuputty hari ini. Ia mampu mengcover nyaris keseluruhan lapangan. Namun  dibalik penampilan baiknya itu, Ricky ternyata mengaku nervous ketika harus bermain di nomor ganda campuran, apalagi bersama Bella yang merupakan pemain yang biasa bermain di nomor tunggal (ciee..).

“Agak nervous juga sih main di ganda campuran lagi, apalagi bersama Bella yang pemain tunggal. Mungkin saya akan lebih banyak porsinya dalam mengcover lapangan, tapi dicoba yang terbaik saja, saya sudah beberapa kali juga tanding di ganda campuran,” ujar Ricky dikutip dari situs PB PBSI. Karir Ricky di nomor ganda campuran bisa dibilang gemilang karena tahun lalu, ia berhasil meraih medali emas nomor ganda campuran bersama Richi Puspita Dili di PON Riau 2012. Mirip-mirip ama Lee Yong dae ya, ditargetkan di ganda putra malah menang di ganda campuran (Olimpiade Beijing).