Kontra Vietnam, Indonesia turunkan Simon

aaaaa

Tim Indonesia akan mengawali laga perdana dalam turnamen bergengsi beregu antarnegara Axiata Cup 2013 melawan Vietnam kamis besok di DBL Arena, Surabaya. Karena para pemain andalan Indonesia baru tiba di Jakarta malam ini, skuad yang akan diturunkan melawan Vietnam besok adalah skuad yang sebenarnya tidak terlalu kuat, seperti Simon Santoso (foto atas) yang baru sembuh dari penyakit Gondongan dan Bellaetrix Manuputty yang harus bermain di nomor ganda campuran.

Meskipun susunan resmi skuad yang akan diturunkan di Axiata Cup besok belum diumumkan secara resmi, namun melihat sisa skuad yang tersisa di Surabaya, Simon mungkin akan menjadi nama terkuat yang akan diturunkan untuk besok, mengingat tunggal putra lain yang sudah berada di Surabaya, Sony Dwi Kuncoro didera cedera sewaktu bermain di All England dua pekan lalu.

Awal berat akan dipanggul Simon tatkala ia harus bertarung melawan andalan Vietnam, Nguyen Tien Minh. Menghadapi Nguyen, Simon menilai partai ini akan berat, pasalnya Nguyen adalah pemain yang sangat ulet. “Dari beberapa kali pertemuan, Tien Minh selalu menunjukkan keuletannya. Melawannya tidak akan menjadi laga yang mudah. Saya tahu gaya permaianannya selalu ulet, maka dari itu saya juga menyiapkan beberapa strategi. Perlu kesabaran ekstra dan ketenangan hadapi dia,” ujar Simon setelah jumpa pers Axiata Cup siang tadi.

Di nomor tunggal putri, Indonesia kemungkinan besar akan mendapatkan poin karena akan menurunkan Juara India Terbuka GP Gold, Lindaweni Fanetri (akhirnya tunggal putri ada titel Juaranya). Punya modal gelar tentu menjadikan Linda lebih diunggulkan dari lawannya asal Vietnam. Jika Linda tak tampil besok, kemungkinan nama Aprilia Yuswandari yang akan diturunkan untuk menggantikannya bermain di nomor tunggal putri. Adrianti Firdasari tidak akan diturunkan karena berdasarkan informasi terbaru, ia mengalami cedera.

thumb-rikidili3qwe

Untuk nomor ganda putra, duaribuan memprediksi akan diturunkannya Muhammad Ulinnuha dan Ricky Karanda Suwardi mengingat dua pasangan yang lebih kuat, Ahsan-Hendra dan Angga-Ryan juga bersama rombongan yang baru tiba dari Frankfurt malam ini. Bona Septano yag juga masuk daftar Tim Axiata tidak diturunkan dalam turnamen ini karena ia fokus untuk menghadapi kejuaraan Australia Open dan New Zealand Open.

Selain di nomor ganda putra, kemungkinan besar Ricky Karanda akan bermain rangkap bersama Bellaetrix Manuputy di nomor ganda campuran. Bellaetrix Manuputty terpaksa harus bermain di slot ganda campuran karena dua pasangan ganda campuran Indonesia yang masuk skuad Axiata, yakni Tontowi-Liliyana dan Rijal-Debby baru tiba di Jakarta malam ini. Prestasi Ricky di nomor ganda campuran sebelumnya tidak bisa dibilang remeh. Tahun lalu, Ricky yang bermain bersama Richi Puspita Dili sukses menyabet emas ganda campuran PON Riau 2012 (foto atas) dengan mengalahkan dua pasangan tangguh dari Jawa Tengah di babak Semifinal dan Final. Di babak Semifinal, mereka mengalahkan pasangan Muhammad Ahsan-Gloria Emmanuelle Widjaja. Sementara pada partai perebutan medali emas (Final), mereka menumbangkan Tantowi Ahmad-Debby Susanto.