Sepi Penumpang, Pesawat Juara All England Batal Terbang

Britain England Badminton Open

Kabar terbaru datang dari pasangan Juara All England, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir beserta seluruh rombongan Tim Indonesia yang usai menjalani tour Eropa. Dijadwalkan seharusnya pulang ke Jakarta malam ini, pesawat yang seharusnya membawa rombongan Indonesia itu batal berangkat dan menurut penuturan Istri Nova Widianto, Eny Widyowati, pesawat tidak berangkat karena sepi penumpang.

“Nova blng sich ktnya sepi penumpangnya,” begitu ujar Eny yang memiliki akun twitter @e_widyowati. Eny yang rencananya datang untuk menjemput suaminya yang ikut berangkat ke tour Eropa ini akhirnya membatalkan kedatangannya ke Jakarta. “untung pesawatku jd tak cancel walaupun refundnya dikit..nnt ak kbrin jdnya brkt kpn ya,” ujar Eny yang membalas mention salah seorang sahabatnya.

Jika menurut Nova sepi penumpang, beda lagi alasan dari Kasubid Hubungan Internasional PBSI, @broedyanto yang mengungkapkan delaynya pesawat berkaitan dengan mogoknya para karyawan (ini sambil bercanda kayaknya). “buruhnya lagi mogok…..ada2 aja..” begitu tweet Om Rudi yang ia keluarkan pukul 14.00 siang tadi.

Batalnya pesawat tiba di Jakarta malam ini juga membuat penyambutan Juara All England yang dihadiri 2 menteri, yakni Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan merangkap Ketum PBSI) dan Roy Suryo (Menpora) ikut batal. Berdasarkan informasi dari Ricky Subagja, pesawat itu kemungkinan akan tiba di Jakarta besok. “Info sementara yang saya dapat adalah Flight dari Swiss diundur sampai siang, sedang pesawat dari Frankfut (LH 778) baru akan diberangkatkan pada pukul 13.40 waktu setempat dan kira-kira sampai Singapore besok Subuh. Untuk pesawat dari Singapura menuju Jakarta belum dapat jadwal terbang dan masih dalam proses pengurusan,”” ujar peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu.

Efek Domino

Batalnya rombongan tiba di Jakarta malam ini selain membuat batalnya penyambutan terhadap Juara All England, juga berdampak pada kesiapan Tim Indonesia menghadapi turnamen Piala Axiata yang rencananya bakal digelar mulai Kamis mendatang di Surabaya. Di Axiata Cup, juga dipertandingan nomor ganda campuran, dimana dalam tim Indonesia, dimasukkan dua pasangan ganda terkuat, yakni Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal-Debby Susanto.

Karena kedua pasangan Indonesia itu belum tiba di Jakarta, dan jika dipaksakan bermain akan membuat fisik mereka tidak prima, maka pertandingan pertama yang akan dijalankan Indonesia pada Hari Kamis mendatang (melawan Vietnam) akan menurunkan pemain tunggal putri, Bellaetrix Manuputy yang akan menggandeng pemain putra lain di skuad Axiata Cup Indonesia. “Bella kemungkinan main😄,” begitu ujar Om Rudi dikutip dari akun twitternya. Buat nentuin siapa pasangan Bella Kamis mendatang, Ayo kita Hitung-hitungan sama duaribuan.

Skuad Axiata : Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Dionysius Hayom Rumbaka, Tommy Sugiarto, Lindaweni Fanetri, Aprilia Yuswandari, Adrianti Firdasari, Bellaetrix Manuputty, Hendra Setiawan-Muhammad Ahsan, Angga Pratama-Ryan Agung Saputra, Ricky Karanda Suwardi-Muhammad Ulinnuha, Bona Septano, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir, Muhammad Rijal-Debby Susanto

Belum tiba (mungkin ikut Swiss Open) : Dionysius Hayom Rumbaka, Adrianti Firdasari, Hendra Setiawan-Muhammad Ahsan, Angga Pratama-Ryan Agung Saputra, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir, Muhammad Rijal-Debby Susanto

Skuad sisa dan kemungkinan terbesar pasangan Bella :

  • Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto – Tidak mungkin pemain tunggal (Bella) digabung dengan tunggal (kalah ntar)
  • Lindaweni Fanetri, Aprilia Yuswandari, Adrianti Firdasari – Tidak mungkin, Ini ganda campuran (Harus Putra pasangan Bella)
  • Ricky Karanda Suwardi-Muhammad Ulinnuha – kemungkinan besar diturunkan di Ganda Putra
  • Bona Septano – Paling Potensial

Bona-Bella mungkin akan menjadi kombinasi termungkin, tetapi karena sepertinya Bona ini tipe Playmaker (pengatur serangan, bukan penggebuk), jadi ada kemungkinan lain dimana duet Ricky Karanda dan Muhammad Ulinnuha akan dipecah, dimana salah satunya akan menjadi pasangan Bella (Ricky pernah bermain😄 di PON 2012 lalu).