MNCTV siarkan Sudirman Cup 2013

Picture1

Tanda tanya mengenai siapa pemegang hak siar Sudirman Cup 2013 terjawab sudah. Berdasarkan kabar dari jejaring sosial twitter yang duaribuan baca hari ini, hak penyiaran turnamen yang digelar sejak 1989 itu ada pada stasiun televisi Selalu di Hati, yakni MNCTV. Akun twitter resmi MNCTV, yakni @Program_MNCTV juga telah mengumumkan hal tersebut.

“SEGERA, Sudirman Cup 2013 diikuti oleh 33 Negara,” begitu bunyi tweet yang dikeluarkan oleh @Program_MNCTV dengan menyematkan logo Sudirman Cup (foto atas) sekitar pukul 18.00 WIB beberapa waktu lalu. Setelah tweet pertama itu, pihak MNCTV kembali mengeluarkan beberapa tweet yang isinya sama dengan tweet pertama. Sepertinya Mereka promosi, tapi kenapa mereka gak promosi lewat iklan di TV? Gak relakah Modal beberapa menit buat nyiarin Bulutangkis?

Berkaitan dengan hak siar yang kembali dipegang oleh MNCTV, duaribuan kurang suka akan hal ini mengingat MNCTV pernah mengecewakan bulutangkis Indonesia dengan memberikan janji palsu hendak menyiarkan tayangan bulutangkis. Kekecewaan ini juga diungkapkan oleh salah satu akun twitter @Yogioreos yang memention @Program_MNCTV dengan kalimat, “apa MNCTV akan menayangkan?

Selain komentar dari Yogi, ada beberapa komentar lain yang sebenarnya intinya juga mengkritik penyiaran MNCTV, diantaranya @Rizki_berkcmata yang ngetweet, “Paling siaran tunda doang,” atau @anggrykosasih yang ngetweet, “Syalalalalalala sudirman cup di tayangkan di @Program_MNCTV !!! Semoga gak PHP yah :’)”.

Mengingat masa lalu

duaribuan pertama kali ngepost artikel Bulutangkis sewaktu Sudirman Cup 2011, dan saat itu, rating duaribuan terdongkrak naik hingga akhirnya duaribuan memutuskan untuk memilih jalur Bulutangkis sebagai arah blog ini (dan sukses). Saat itu, MNCTV sepertinya memang sangat berniat menjadi Televisi Bulutangkis, dan beberapa fanpage Bulutangkis memuji keberadaan MNCTV.

Memang MNCTV bisa dibilang sangat meyakinkan saat itu. Selain mereka mengambil hak siar Piala Sudirman 2011, Kejuaraan Dunia 2011, Piala Thomas dan Uber 2012 serta Piala Sudirman 2013, mereka juga membuat akun resmi bulutangkis, yakni @raket_mnctv (sudah hilang dari peredaran). Tapi tanda-tanda ketidakseriusan MNCTV akan bulutangkis mulai terlihat tatkala partai Final Sudirman Cup yang mempertemukan China dan Denmark tidak disiarkan (seingat duaribuan).

Paling parah terjadi di Kejuaraan Dunia 2011, dimana para BL yang sebenarnya setia menunggu hingga begadang demi menonton bulutangkis (Di London kan Kejuaraan Dunianya, jadi malam), MNCTV justru menyiarkan sinema Bollywood. Bulan Februari tahun lalu, ketika ada kabar MNCTV akan menyiarkan Kualifikasi Thomas dan Uber 2012 di Macau, mereka hanya menyiarkan Final Kualifikasi (Keduanya CHN Vs JPN kalo tak salah), tetapi mereka hanya menyiarkannya tidak penuh (ada yang dipotong hingga malam – demi Upin Ipin kalo gak salah).

Menginjak bulan Mei, ada putaran Final Thomas dan Uber. Dan patut digaris bawahi, hanya partai Indonesia yang disiarkan (Indonesia cuma sampai QF, jadi ya nyiarinnya sampai itu), sedangkan partai Semifinal dan Final, dimana partai itu sebenarnya adalah partai yang seharusnya disiarkan, justru tidak ditayangkan. Buat MNCTV, jangan buat kecewa para pecinta Bulutangkis Indonesia… Kami mengharapkanmu..