Final tanpa Juara Bertahan

?????

Babak Semifinal Swiss Open 2013 malam tadi ternyata tidak bersahabat terhadap dua Juara bertahan yang masih tersisa di turnamen ini, yakni Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir dan Saina Nehwal. Berstatus unggulan pertama di nomor ganda campuran dan tunggal putri, keduanya tersingkir usai dikalahkan lawannya dari China, masing-masing Zhang Nan-Tang Jinhua (foto atas) dan unggulan keempat, Wang Shixian.

Tontowi-Liliyana yang menjadi andalan untuk kembali meraih gelar di turnamen kali ini ternyata tidak menunjukkan penampilan terbaiknya karena terus ditekan oleh pasangan nonunggulan asal China ini, meskipun dari statistik pertandingan, smash winner berimbang dan Liliyana tetap mendominasi depan net.

Sempat tertinggal 10-11 di interval gim pertama, pasangan baru China ini balik mendominasi serangan hingga berhasil menutup kemenangan 21-17. Di set kedua, pasangan China menggila dan sempat diambang kemenangan saat unggul jauh 18-14. Namun Juara bertahan asal Indonesia itu perlahan mengejar dan berhasil meraih kemenangan dengan skor tipis 21-19 sekaligus memaksakan rubber game. Sayangnya, kemenangan di gim kedua itu tidak dilanjutkan di gim penentuan. Dari kedudukan 2-2, pasangan China terus unggul 11-3 hingga menutup kemenangan 21-10. Anehnya, meskipun Indonesia hanya mendapatkan 10 poin, Liliyana tetap mendominasi area depan net (5-4).

Di babak Final malam nanti, Zhang Nan dan Tang Jinhua akan bentrok dengan unggulan kedua, Joachim Fischer Nielsen-Christinna Pedersen yang berhasil menumbangkan pasangan asal Jerman, Michael Fuchs-Birgit Michels di babak semifinal lain lewat pertarungan dua gim langsung, 21-9, 21-9.

Swiss Open 2013

Juara bertahan di nomor tunggal putri, Saina Nehwal (foto atas) juga gagal mempertahankan gelar Juara yang diraihnya tahun lalu setelah ditumbangkan oleh Finalis tahun lalu, Wang Shixian. Saina yang sempat dikabarkan mengalami cedera pada lutut kanannya (akankah karir Saina serupa MKY?) dimanfaatkan betul oleh Shixian. Shixian memenangkan pertarungan selama 50 menit itu dengan skor 21-11, 10-21, 21-9.

Di babak Final malam nanti, Shixian akan bertarung melawan pemain berusia 18 tahun asal Thailand, Ratchanok Intanon yang meraih tiket Final usai mengalahkan Yui Hashimoto dari Jepang, 19-21, 21-10, 21-13. Dilihat dari rekor pertemuan, Shixian memang lebih diunggulkan untuk meraih gelar Juara karena memenangkan 3 dari 4 pertemuan atas Intanon, namun melihat performa tiga kali Juara Dunia Junior itu di All England pekan kemarin, bukan tidak mungkin Intanon bisa meraih gelar Juara di Swiss kali ini.

Final Ganda Putra : Korea vs China

Final nomor ganda putra akan mempertemukan dua raksasa bulutangkis, China dan Korea. China akan diwakili oleh pasangan Chai Biao-Hong Wei sedangkan Korea menempatkan pasangan unggulan pertama, Lee Yong dae dan Ko Sung hyun. Chai Biao-Hong Wei yang tahun lalu tidak mendapatkan hasil baik di turnamen ini (Chai Biao gagal di R2, Hong Wei gagal di QF), ketika dipasangkan justru berhasil melaju ke babak Final. Mereka berhasil menginjakkan kaki di babak Final usai menundukkan pasangan Indonesia, Alvent Yulianto-Markis Kido dalam pertarungan yang sangat ketat, 17-21, 21-9, 22-20 dimana di gim terakhir, mereka sempat tertinggal jauh 11-15.

Swiss Open 2013

Di babak Final malam nanti, Chai-Hong akan bentrok dengan favorit Juara asal Korea, Ko Sung hyun dan Lee Yong dae (foto atas) yang berhasil meraih tiket Final usai mengalahkan pasangan Chris Adcock-Andrew Ellis dalam pertarungan dua gim langsung, 21-19, 21-19. Lewat akun twitter mereka, kedua pemain asal Inggris ini mengaku sangat menyayangkan hal tersebut. “Really disappointed to lose 21-19 21-19 against Lee and Ko who are 3rd in the world!,” ungkap Ellis. Sementara itu, Adcock berkomentar, “Ahh! Lost 21-19 21-19 in Lee Y D/Ko S H!we were 19 -19 in both sets!! Disappointed not to take at least a set!!!”

China dan Korea sendiri sebelumnya sudah memastikan membawa pulang masing-masing 1 gelar Juara di nomor tunggal putra dan ganda putri setelah terjadi Final sesama pemain. Di nomor tunggal putra, unggulan pertama Du Pengyu akan menantang rekannya, Wang Zhengming. Sementara Jung Kyung Eun-Kim Ha Na yang berhasil menumbangkan unggulan pertama, Christinna Pedersen-Kamilla Rytter Juhl malam tadi akan melawan rekan satu negaranya, Lee So Hee-Shin Seung Chan di babak Final. Berikut hasil pertandingan di kedua nomor ini.

Tunggal Putra

Du Pengyu (China) bt Hu Yun (Hongkong) 21-8, 17-21, 21-14

Wang Zhengming (China) bt Jan O Jorgensen (Denmark) 18-21, 21-7, 21-13

Ganda Putri

Jung Kyung Eun-Kim Ha Na (Korea) bt Christinna Pedersen-Kamilla Rytter Juhl (Denmark) 21-19, 21-17

Lee So Hee-Shin Seung Chan (Korea) bt Vivian Kah Mun Hoo-Khe Wei Woon (Malaysia) 21-17, 21-19