Asia vs Eropa di Final Ganda Campuran

?????

Final Ganda Campuran turnamen Swiss Open GP Gold 2013 akan mempertemukan dua pasangan dari dua kontinen berbeda, yakni Asia dan Eropa. Hal ini terjadi setelah Perempat Finalis Olimpiade London, Michal Fuchs dan Birgit Michels (foto atas) berhasil mengalahkan unggulan ketiga, Muhammad Rijal-Debby Susanto di babak Perempat Final lewat pertarungan rubber game 17-21, 21-19, 21-15.

Bagi Rijal dan Debby, mereka sebenarnya sempat diatas angin tatkala menang 21-17 di gim pertama dan unggul 14-11 di gim kedua. Namun dari kedudukan itu, Fuchs dan Michels bisa meraih beberapa poin beruntun untuk balik unggul 17-14. “Kami tahu bagaimana kami harus bermain melawan mereka, namun di set pertama dan paruh awal set kedua kami banyak melakukan kesalahan sendiri,” ucap Fuchs usai pertandingan.

Di babak Semifinal malam ini, Fuchs dan Michels akan berjumpa dengan wakil Eropa lainnya, Joachim Fischer Nielsen-Christinna Pedersen yang sukses mengalahkan pasangan Inggris, Chris Langride-Heather Oliver dua gim langsung, 21-8, 21-17. Dari rekor pertemuan, pasangan Denmark meraih 2 kemenangan atas pasangan Jerman, tetapi jangan meremehkan pasangan Jerman ini karena mereka punya pertahanan yang baik dan serangannya pun tak kalah mematikan.

Pemenang partai ini akan berjumpa dengan wakil Asia yang diperebutkan oleh pasangan Jawara All England, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir yang akan bentrok dengan pasangan China, Zhang Nan-Tang Jinhua. Owi dan Butet berhasil menginjakkan kaki di Semifinal setelah mengalahkan pasangan Korea, Shin Baek Cheol-Jang Ye Na 21-15, 21-13, sementara Zhang-Tang menumbangkan pasangan Indonesia lainnya, Markis Kido-Pia Zebadiah 21-19, 19-21, 21-14.

Swiss Open 2013

Kekalahan di ganda campuran tidak diikuti Kido (foto atas) di nomor ganda putra. Melawan pasangan unggulan kedua, Kim Ki Jung-Kim Sa Rang, pengalamannya bersama Alvent Yulinto berhasil membuat mereka menang atas pasangan Korea itu, meskipun harus bertarung dalam pertarungan tiga gim, 25-27, 21-9, 21-13. Di Semifinal hari ini, Kido-Alvent akan berjumpa dengan pasangan China, Chai Biao-Hong Wei yang mengalahkan pasangan Malaysia, Hoon Tien How-Tan Wee Kiong dua gim langsung, 21-15, 22-20.

Semifinal lain di nomor ganda putra akan mempertemukan unggulan teratas, Ko Sung Hyun-Lee Yong dae yang akan menantang pasangan Inggris, Chris Adcock-Andrew Ellis. Berikut adalah line up Semifinal Swiss Open GP Gold 2013 di nomor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri.

Tunggal Putra

Du Pengyu (China) vs Hu Yun (Hongkong)

Jan O Jorgensen (Denmark) vs Wang Zhengming (China)

Tunggal Putri

Saina Nehwal (India) vs Wang Shixian (China)

Yui Hashimoto (Jepang) vs Ratchanok Intanon (Thailand)

Ganda Putri

Christinna Pedersen-Kamilla Rytter Juhl (Denmark) vs Jung Kyung Eun-Kim Ha Na (Korea)

Vivian Kah Mun Hoo-Khe Wei Woon (Malaysia) vs Lee So Hee-Shin Seung Chan (Korea)